Permudah Pembuatan e-KTP Hingga ke Desa-desa, Diskudcapil OKI Launching Program ‘Jelades Semedi’

Kepala Dinas Capil saat meninjau pelaksanaan pembuatan e- KTP

Laporan Syakbanudin

Kayuagung, Sumselupdate.com – Dalam upaya mewujudkan efisiensi dan efektivitas pelayanan di sektor pemerintahan, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
(Disdukcapil) kembali melakukan inovasi guna mempermudah dan mempercepat proses pembuatan dokumen kependudukan.

Bacaan Lainnya

Melalui Program Jelades Semedi (Jemput Bola di Desa, Sehari Mesti Jadi), pemerintah berikan pelayanan prima yang efektif dan efisien untuk masyarakat di Kabupaten OKI.

Bupati Ogan Komering Ilir, melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Hendri, SH, MM mengungkapkan pemerintah akan berupaya melakukan inovasi untuk memberikan kemudahan akses dan kenyamanan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kini kita memiliki program Jelades Semedi (Jemput Bola di Desa, Sehari Mesti Jadi). Kita fasilitasi pembuatan dokumen kependudukan di kantor desa dan kantor kecamatan. Pelayanan ini diberikan kepada
masyarakat tanpa dipungut biaya sedikit pun (baca : gratis)”, ungkapnya. (11/8).

Menurutnya, saat ini pelaksanaan perekaman dan pencetakan dokumen kependudukan masyarakat melalui program Jelades Semedi baru dilaksanakan di Kecamatan Pedamaran dengan beberapa lokus kegiatan yaitu Desa Pedamaran III, Desa Pedamaran VI, Desa Suka Damai, dan Desa Suka Pulih di Kecamatan Pedamaran.

Proses pembuatan sampai pencetakan e-KTP hanya berkisar 10 menit dalam konektivitas normal. Selanjutnya, dengan konektivitas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta pemerintah kecamatan setempat, program Jelades Semedi akan terus berlanjut ke kecamatan lainnya.

Telly Thaurussia, S.STP,M.Si selaku Camat Pedamaran menyambut baik pelaksanaan program Jelades Semedi di wilayahnya. Hal ini sebagai bentuk manifestasi Visi Pemerintah Kab. OKI Membangun OKI dari Desa.

“Masyarakat di Kecamatan Pedamaran sangat antusias dengan adanya program Jelades Semedi ini. Mereka tidak perlu datang ke Disdukcapil, cukup memproses e-KTP di kantor desa dan kecamatan Pedamaran. Dalam keadaan konektivitas normal, waktu perekaman memerlukan waktu hanya 5-10 menit, sedangkan untuk pencetakan hanya perlu dua menit sudah jadi,” ungkapnya.

Dengan begitu, masyarakat dapat merasakan langsung manfaat dari visi pemerintah untuk membangun OKI dari Desa. Selain itu, berkat kolaborasi yang solid antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Komunikasi dan Informatika serta perangkat desa setempat, masyarakat mendapatkan pelayanan yang efektif dan efisien. Alexsander, SP, M.Si selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika OKI mengungkapkan, saat ini pelayanan adminduk (Administrasi Kependudukan) yang cepat, dekat dan memuaskan harus ditanggapi dengan serius oleh Pemerintah Daerah.

Dalam hal ini, Dinas Komunikasi dan Informatika memberikan dukungan penuh kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. OKI untuk melaksanakan program Jelades Semedi. Dengan begitu, visi pemerintah daerah dalam memberikan dan mengoptimalkan pelayanan hingga ke desa dan kelurahan, dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Dalam program ini, Diskominfo OKI memberikan fasilitasi penyediaan konektivitas jaringan antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat sehingga dapat memberikan pelayanan yang paripurna dan dekat dengan masyarakat,” tambahnya.

Disamping itu, Asnu, masyarakat Desa Pedamaran VI tampak sumringah setelah mendapatkan e-KTP yang diproses sangat cepat dan mudah.

“Saya sangat terbantu sekali dengan pengurusan e-KTP yang tidak harus datang langsung ke kantor Dukcapil, cukup datang ke kantor desa Pedamaran saja. Terima kasih (sembari mengacungkan ibu jarinya)”, ucapnya.

Ledy dan Andre, pemuda asli Kecamatan Pedamaran yang baru pertama kali mengurus dokumen kependudukan tidak menyangka jika proses pembuatan dan pencetakan e-KTP sangat mudah dan cepat.

Mereka berdua tampak puas dengan adanya program Jelades Semedi di kampungnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.