Peringati Hari Pahlawan, Mari Sama-sama Perangi Kemiskinan dan Kebodohan!

Upacara peringgatan Hari Pahlawan di OKU.

Laporan: Armiziwadi

Baturaja, Sumselupdate.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), mengelar upacara Peringgatan Hari Pahlawan ke-76 di halaman Kantor Bupati OKU, (Rabu, 10/11/2021). Dalam kesempatan ini, Plh Bupati OKU H. Edward Candra, mengajak semua pihak untuk meneruskan perjuangan pahlawan, memerangi kemiskinan dan kebodohan.

Read More

Dalam amanatnya, Edward Candra yang membacakan sambutan Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan, jika peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 mengambil tema ‘Pahlawanku Inspirasiku’.

Meski peringatan Hari Pahlawan digelar sederhana, karena hanya diikuti perwakilan TNI, Polri, ASN, pelajar, pramuka dan mahasiswa karena masih dalam suasana pandemic Covid-19, tapi tak menggurangi nilainya.

Pada momentum ini, ia mengajak semua yang hadir untuk kembali mengingat pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Generasi sekarang harus dapat mencontoh, ada satu tekad, berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan.

“Peringatan Hari Pahlawan pada tanggal 10 November setiap tahun dimaksudkan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia pada tahun 1945 di Surabaya,” ucapnya.

Pahlawan ini harus jadi inspirasi, dalam mengalahkan musuh saat ini, yakni kemiskinan dan kebodohan. Bangsa ini punya potensi karena ada sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis.

Dalam 20 tahun mendatang (2020-2040), bangsa Indonesia memasuki bonus demografi yaitu periode angka depedency ratio mencapai angka minimal. Dalam periode ini terdapat lebih banyak  tenaga kerja produktif untuk memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan.

Namun di sisi lain, terdapat juga  kecenderungan berkurangnya lapangan pekerjaan yang harus diantisipasi dengan cerdas dan seksama. Kenyataan ini harus dihadapi dengan semangat wirausaha.

Selaras dengan manfaat kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan, Kemensos akan membuka kesempatan keluarga penerima bansos yang berusia muda untuk keluar dari  kemiskinan.

Untuk itu, Kemensos akan mengupayakan program graduasi melalui pendidikan vokasi, serta peningkatan kemampuan  untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan berbasis penciptaan peluang baru.

“Mari kita jadikan Hari Pahlawan dan nilai-nilai kepahlawanan ini sebagai inspirasi untuk mengisi kemerdekaan bagi kemajuan bangsa dengan bersama-sama menjadi Pahlawan masa kini yang dapat dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan masyarakat,” terangnya.

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD OKU Yoni Risdianto, Forkopimda OKU, Asisten Setda OKU, Staf Ahli Bupati OKU, Kepala OPD, Kabag, Camat se-Kabupaten OKU, PJU Polres OKU, Kodim 0403 OKU, PEPABRI OKU, Plh Ketua TP. PKK OKU, Ketua DWP OKU, Ketua GOW OKU, IWAPI, dan BUMN/BUMD. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.