Peringati Hardiknas 2024, Pemkab OKU Timur Gelar Upacara

Penulis: - Kamis, 2 Mei 2024

Laporan Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024. Upacara tersebut dipusatkan di halaman Pemkab OKU Timur. Kamis, (2/5/2024).

Bacaan Lainnya

Upacara yang diikuti oleh seluruh unsur forkopimda, kepala OPD serta jajaran ASN yang ada di lingkungan pemkab OKU Timur itu dipimpin langsung oleh Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha.

Yang uniknya lagi, seluruh peserta upacara tersebut tampak mengenakan pakaian adat yang ada di Nusantara ini.

Dengan mengusung tema ‘Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar’, Wakil Bupati OKU Timur yang memimpin upacara hardiknas itu pula membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Tekhnologi RI, Nadiem Makarim.

“Selama lima tahun terakhir, perjalanan kami di Kemendikbudristek telah menjadi pengalaman yang sangat mengesankan. Menjadi pemimpin gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami akan tantangan dan peluang dalam memajukan pendidikan Indonesia,” Ujar Wabup.

Dirinya juga menekankan bahwa perubahan dalam pendidikan telah terjadi, dimana anak-anak Indonesia kini berani bermimpi dan merasa merdeka saat belajar di kelas.

“Guru-guru berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya. Mahasiswa juga siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus. Selain itu, seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi,” lanjutnya.

Dirinya juga menyadari lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan gerakan Merdeka Belajar. Semua yang telah dilakukan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan.

“Pengabdian saya sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan segera berakhir, namun gerakan Merdeka Belajar tidak akan berhenti di sini. Dengan penuh harapan, saya serahkan Merdeka Belajar kepada anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” Ucapnya usai membacakan amanat Mendikbud RI itu.

Pada kesempatan ini, Wabup Yudha juga menyerahkan piagam Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya, piagam penghargaan kepada pemenang Perlombaan Olimpiade Global House Neso 2024 dan perlombaan Karya Tulis Ilmiah Nasional. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.