Peringatan World Clean Up Day 2020, Iskandar Ajak Masyarakat OKI Jaga Kebersihan Lingkungan

Aksi bersih-bersih dalam rangka memperingati Hari World Cleanup Day 2020 di OKI.

Laporan : Syakbanudin

Kayuagung, Sumselupdate.com –  Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Iskandar, SE, mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dengan membersihkan sampah. Ajakan tersebut disampaikan Iskandar, SE, berkaitan dengan peringatan World Cleanup Day (WCD) 2020.

Bacaan Lainnya

Di Kabupaten OKI sendiri, kegiatan peringatan WCD ini dipusatkan di Kelurahan Paku Kecamatan Kayuagung. Turut serta dalam kegiatan ini Dandim 0402/OKI, Letkol Czi Zamroni, SSos, Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy, SH, SIK, MSi, Forkopimda, Camat dan Lurah beserta masyarakat yang ada, Jumat (18/9/2020).

Dalam kesempatan ini, Bupati OKI, H Iskandar, SE, juga meninjau langsung Bank Sampah Kelompok Arya Mandiri di Kelurahan Paku yang merupakan salah satu Kelompok Bank Sampah terbaik di Bumi Bende Seguguk.

Iskandar juga menjelaskan “Kegiatan hari ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kebersihan di Wilayah masing-masing. Kita mulai dengan langkah kecil seperti mengelola dan memilah sampah ramah lingkungan terutama limbah sampah yang sulit terurai, dan tidak membakar serta membuang sampah secara sembarangan.

”Setiap hari sampah selalu ada, untuk itu harus bisa kita kelola dengan baik, sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar. Hari World Cleanup Day 2020 ini bukan hanya ditujukan kepada masyarakat di pemukiman saja, tapi berlaku bagi seluruh perkantoran di wilayah kabupaten Ogan Komering Ilir,” jelasnya.

Bupati  menambahkan, World Cleanup Day (WCD) adalah aksi bersih-bersih sampah terbesar di dunia, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir melakukan inisiasi kegiatan gotong royong melakukan pembersihan dan pemilihan jenis sampah secara cerdas.

Hal ini kata dia, merupakan salah satu gerakan social masyarakat yang akan berdampak positif untuk kebersihan dan kesehatan lingkungan di Bumi Bende Seguguk.

Sementara Lurah Mangunjaya Kecamatan Kayuagung Abdulah, SSos, bersama seluruh perangkatnya dan juga gabungan dari kebersihan Dinas LH ketika dipantau saat gotong royong di wilayah kelurahannya menjelaskan, gerakan gotong Royong ini  adalah gerakan memperingati Hari World Cleanup Day tahun 2020 yang mengusung tema “Bersatu untuk Indonesia Bersih”.

“Gotong royong ini juga untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan mengajak masyarakat agar membiasakan semangat gotong royong. Dan membiasakan membersihkan sampah dari rumah juga sampah yang dikumpulkan untuk bisa diolah dan dapat bermanfaat menjadi pupuk serta menghimbau pada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,” tukas Abdulah. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.