Perdana, Polri Kirim Tim untuk Misi Perdamaian PBB di Kongo

Empat personel dari Polri yang dikirim ke Kongo untuk misi perdamaian PBB. (Foto: Dok. Mabes Polri)

Jakarta, Sumselupdate.com – Polri mengirimkan personel untuk misi pemeliharaan perdamaian PBB di Republik Demokratik Kongo yang sedang dilanda konflik berkepanjangan. Ini merupakan pertama kalinya Polri mengirimkan pasukan perdamaian di Kongo.

“Ini merupakan kontingen pertama dari Polri yang akan melaksanakan misi perdamaian di bawah bendera PBB diDRC (Democratic RepublicCongo),” kata Karo Misi Internasional Polri Brigjen Krishna Murti lewat keterangannya yang dikutip dari Detikcom, Minggu (6/1/2019).

Krishna menyebut hal itu sebagai prestasi Divisi Hubungan Internasional Polri yang saat ini dipimpin Irjen Saiful Maltha. Tim yang dikirim itu terdiri atas empat personel yang sudah dilatih sejak Mei 2018 dengan tes UNSAAT (United Nations Selection Assistance and Assessment Team).

“Penguji yang didatangkan langsung dari markas besar PBB, 81 orang dinyatakan lulus dan beberapa di antaranya telah dibekali dengan kemampuan bahasa Prancis karena saat ini misi PBB didominasi negara dengan latar bahasa Prancis,” ujarnya.

Empat personel itu adalah seorang polwan bernama Ipda Anita Tri Kurnia Dewi, yang berasal dari Polda Jawa Timur yang memimpin tim yang terdiri atas Bripka Eva Purwanti dan Brigadir Nova Chairul Jannah dari Polda Kalimantan Barat; serta Bripka Edy Suparji dari Bareskrim Polri.

“Penugasan keempat personel tersebut ke misi PBB MONUSCO di DRC akan dilaksanakan selama satu tahun dan sementara akan meninggalkan tugas di kesatuan asalnya dan tentu keluarga yang mereka sayangi, namun mereka semua bersedia dan siap mengorbankan apa pun demi suksesnya tugas yang akan diemban sebagai duta bangsa dari Polri yang akan pertama kalinya bertugas di DRC,” imbuh dia.(dtc/adm5)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.