Percaya Nggak? Cukup Rp35 Ribu saja, Anda Bisa Bikin Batik Sendiri

Minggu, 28 Februari 2016
Ilustrasi turis belajar membatik

Cirebon, Sumselupdate.com – putri anda. Soalnya, ada tempat yang bisa dijadikan alternatif belajar, namanya Batik Trusmi.

Hanya dengan merogoh kocek Rp 35 ribu per orang, Anda bisa mengajak anak-anak Anda mengikuti lokakarya membatik yang dibuka setiap hari di sentra batik terbesar Kota Cirebon yang berlokasi di Jalan Trusmi, Plered, Cirebon.

Batik Trusmi sendiri telah didirikan sejak 2006 oleh sang pemilik, Sally bersama dengan suaminya.

Tak hanya untuk liburan keluarga, Batik Trusmi bahkan menyediakan lokakarya membatik skala besar bagi anak-anak sekolah dan pegawai-pegawai korporasi yang berkunjung. Para pengunjung yang ingin membatik akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok akan dibantu oleh satu orang pembimbing.

Enaknya lagi, pengunjung pun bisa membawa pulang batik tersebut. Seluruh pekerjaan produksi hingga jadi dilakukan oleh pihak Batik Trusmi. Pengunjung cukup menggambar saja.

Di akhir pekan, Batik Trusmi bisa dibanjiri hingga 6.000 pengunjung. Selain belajar membatik, pengunjung juga bisa melihat langsung pembuatan batik yang dibuat oleh pengrajin asli Cirebon.

Proses pembuatan batik mulai dari penulisan, pengecapan, pewarnaan, pencucian, hingga penjemuran, dapat memakan waktu hingga berjam-jam dengan melibatkan lebih dari lima pengrajin. Terdapat tiga jenis batik yang dibuat di Trusmi, yaitu batik tulis, batik cap, dan batik campuran.

Anda tertarik? (adm3)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.