Pengawasan Partisipatif, Bawaslu OKI Gelar Media Gathering

Kegiatan Media Gathering yang diselenggarakan oleh Bawaslu OKI.

Laporan : Syakbanudin

Kayuagung, Sumselupdate.com – Salah satu upaya pengawasan partisipatif yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ili (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk mencegah terjadinya dugaan pelanggaran Pemilihan Umum Tahun 2024 terutama pada media masa dan media online serta untuk mengetahui peran media masa dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Bawaslu OKI menggelar kegiatan yang bertajuk Media Gathering dalam mengawal tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Cipta Kayuagung, Rabu 23 November 2022 ini diikuti 45 orang yang terdiri dari 15 Orang yang merupakan anggota PWI OKI, 15 orang anggota IWO dan 48 orang wartawan media online lainnya.

Dalam kegiatan ini Bawaslu OKI, menghadirkan sejumlah narasumber yakni, Wakil Ketua PWI Provinsi Sumatera Selatan, Dr Icuk M Sakir MSi, Kepala Dinas Kominfo Ogan Komering Ilir, Alexander Bustomi, SP, MSi dan komisioner Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Ketua Bawaslu OKI, Ihsan Hamidi, MPd, dalam sambutannya mengatakan kegiatan media gathering ini sangatlah penting mengingat media merupakan salah satu sumber informasi yang bisa didapatkan dengan cepat tentang pengawasan Pemilu 2024.

“Kita semua berharap dapat sharing baik dari Bawaslu OKI maupun dari awak media massa terkait pengawasan pemilu nantinya. Apalagi saat ini, adanya aplikasi baru dalam pelaporan ke Bawaslu yakni aplikasi Sigap lapor, yang tentunya masyarakat bisa langsung cepat memberikan laporan,” ungkapnya.

Ihsan menambahkan dalam kesempatan ini juga pihaknya akan memberikan materi terkait aplikasi sigap lapor tersebut.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada awak media massa yang telah hadir dalam kegiatan media gathering ini. Semoga keadilan pemilu di Kabupaten OKI ini dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan semua,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Abdul Jalal, MPd, menambahkan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman peran media dalam mengawasi pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024 dan memberikan pemahaman terkait peran media dalam pencegahan dugaan pelanggaran pada Pemilihan Umum tahun 2024.

Serta bertujuan untuk membuat masyarakat memahami tugas, fungsi dan pokok Bawaslu.

“Kita pun berharap adanya media gathering ini merubah kesadaran masyarakat dari apatis menjadi aktif dan ini tugas kita bersama membuat pemilu lebih berkualitas dan meningkatkan kepercayaan bagi publik,” ungkapnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.