Pemkab Muba Hadiri Pelantikan Penjabat Gubernur Sumsel

Senin, 2 Oktober 2023
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Muba, Yudi Herzandi hadiri pelantikan Pj. Gubernur Sumsel di Jakarta

Jakarta, Sumselupdate.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni dan Kalimantan Timur Akmal Malik, Pelantikan digelar di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (2/10/2024).

Kedua penjabat gubernur itu dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 87/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur. Keppres ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 29 September 2023.
Saat pelantikan, Akmal dan Agus mengucapkan sumpah jabatan yang dibacakan Tito.
“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar NRI 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” ucap Tito diikuti keduanya.
Diketahui, Agus Fatoni menggantikan Herman Deru yang purnatugas pada hari ini. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.
Mereka berdua akan langsung bekerja hari ini dengan masa jabatan selama satu tahun. Pj Gubernur menjabat hingga ada gubernur definitif hasil Pilkada 2024. Adapun pemilihan kepala daerah dijadwalkan bakal digelar secara serentak pada November 2024.
Sementara itu Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Muba, Yudi Herzandi SH MHum bersama Kepala Daerah di Pemprov Sumsel turut hadir pada pelantikan Penjabat Gubernur Sumsel tersebut.
“Alhamdullilah Penjabat Gubernur Sumsel dan Kalimantan Timur telah dilantik langsung oleh Mendagri Tito Karnavian pada hari ini, kita Pemkab Muba mengucapkan selamat dan sukses kepada dua kepala daerah yang baru saja diberikan amanah untuk memimpin daerah,” ujar Yudi.
Terpisah, Pj Bupati Apriyadi juga menyampaikan, atas nama pribadi, keluarga, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Muba, dirinya mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Bapak Agus Fatoni menjadi Gubernur Sunsel hari ini oleh Mendagri Tito Karnavian.
“Kami berharap kolaborasi dan sinergitas antar Pemkab Muba dan Pemprov Sumsel yang telah terjalin dapat terus berlanjut, sehingga akan memperkuat sinergitas, koordinasi dan hubungan seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumsel,” ucapnya. (rel)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.