Pembukaan Diklatsarmil CPNS dan PNS TNI AD

Pangdam II Sriwijaya

Palembang, Sumselupdate.com – Sebanyak 90 orang CPNS dan PNS TNI AD Golongan I dan II TA. 2016 mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar Kemiliteran (Diklatsarmil) di Rindam II/Swj. Upacara pembukaan Diksarmil CPNS/PNS TNI AD dipimpin oleh Danrindam Kolonel Inf Agung Pambudi, yang diwakili Wadan Rindam II/Swj Letkol Inf M. Sholeh bertempat di Aula Dodik Bela Negara Rindam II/Swj, Muara Enim, Senin (28/3).

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson S.Ip dalam amanat tertulis yang dibacakan Wadanrindam II/Swj Letkol Inf M. Sholeh mengatakan bahwa Diksarmil yang akan berlangsung selama tiga minggu ini, merupakan realisasi dari kebijakan pimpinan TNI AD, bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan agar para CPNS/PNS dilingkungan Kodam II/Swj mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, memiliki sikap mental dan jiwa kejuangan, disiplin dan kesadaran bela negara, serta terwujudnya CPNS/PNS AD yang memiliki kesegaran jasmani guna mendukung pelaksanaan tugas.

Sebagai aparatur negara, sambung Pangdam II/Swj, PNS adalah bagian dari pemerintahan yang bertugas sebagai penyelenggara birokrasi pemerintahan. Sedangkan sebagai abdi negara, PNS harus patuh dan taat kepada semua aturan dan ketentuan yang berlaku serta setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kemudian sebagai abdi masyarakat, Pegawai Negeri Sipil dituntut untuk mampu mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat di atas kepentingan pribadi atau golongan.

“Keberadaan PNS TNI merupakan bagian yang tidak terpisahkan, dan bersama-sama dengan TNI mengabdi kepada negara di bidang pertahanan. Melalui Diklat Sarmil ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang dasar-dasar kemiliteran, walaupun dalam penugasannya, PNS lebih diarahkan pada bidang administrasi serta bidang-bidang lain sesuai keahlian yang dimiliki”, jelas Panglima.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sebagai mitra kerja, setiap PNS TNI dituntut untuk memahami dan mentaati segala aturan yang berlaku di lingkungan TNI, di samping peraturan umum yang berlaku bagi PNS, sehingga dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dapat berjalan secara selaras dan seimbang. “Laksanakan Dilkat dengan penuh semangat, disiplin yang tinggi serta berpegang teguh kepada ketentuan dan aturan yang berlaku, sehingga Diklat ini dapat mencapai hasil yang maksimal”, tandas Pangdam II/Swj.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Letnan Kolonel Inf Komara Aji, selaku Tim Pengawas Pusat, Dandodik Bela Negara, para Kadep, Kabag, Gumil dan Pelatih Rindam II/Swj,
serta Perwira dan PNS Rindam II/Swj. (ril)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.