Pelaku Penodong Penumpang Speedboad di BKB Akhirnya Diciduk, ini Tampangnya

Laporan Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com — Berakhir sudah aksi pelaku penodong yang dilakukan oleh Rian Hidayat (30) di kawasan Benteng Kuto Besak Palembang yang membuat takut para penumpang speedboad saat akan sampai di Kota Palembang.

Bacaan Lainnya

Aksinya tersebut selalu membuat resah para penumpang terutama penumpang yang berasal dari luar Kota Palembang, yang mengeluh sering terjadinya penodongan terhadap penumpang.

Hal tersebut langsung direspons cepat oleh Sat Reskrim Polrestabes Palembang melalui unit Ranmor.

Pelaku yang juga merupakan warga Jalan KH Faqih Usman, Kelurahan 2 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu Palembang akhirnya berhasil diciduk pada Senin(11/4/2022) siang.

Pelaku yang diketahui merupakan resedivis atas kasus yang sama ini juga harus dihadiahi timah panas lantaran mencoba melawan petugas dan lari pada saat akan ditangkap.

Pelaku Rian Hidayat (30)

 

Kasat Reskrim Kompol Tri Wahyudi mengatakan, penangkapan ini dapat berhasil dilakukan, berawal dari laporan Heri Purnama (22) warga Jalur Kabupaten Banyuasin yang menjadi korban.

“Saat mendatangi lokasi kejadian, kita menemukan pelaku yang berada tidak jauh dari TKP. Saat itu juga kami berusaha menangkapnya. Namun saat itu, diduga melihat kedatangan kami ke lokasi, pelaku berusaha kabur dan melawan. Sehingga dengan terpaksa diberikan tindakan tegas dan terukur di kakinya tersebut,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu(13/4/2022).

Ia menceritakan kronologi kejadian tersebut yang terjadi, Senin (11/4/2022) pagi. Saat korban turun dari speedboat kemudian pelaku dengan modus menawari jasa ojek mendekati korban.

Ketika barang korban sudah diletakkan di motor, pelaku langsung memukul korban dan meminta barang berharga milik korban. Tidak sampai di situ pelaku juga mengancam korban dengan sebilah pisau yang sudah dibawanya dari rumah.

“Pelaku ini selalu mengincar korban yang semuanya dari Jalur (Banyuasin, red) dan juga pertama kali ke Palembang,” jelasnya.

Pelaku juga dikenal sadis dan tak segan-segan melukai korbannya bila menolak permintaannya.

Selain mengamankan pelaku, petugas kepolisian juga mengamankan pisau dan uang hasil kejahatan pelaku.

Sementara untuk perbuatannya pelaku dijerat pasal 365 KUHP tentang curas yang sangsi hukuman di atas lima tahun.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.