Ombak Tinggi, Nelayan di Banyuasin Takut Melaut

Ilustrasi

Banyuasin, Sumselupdate.com –Hujan deras disertai petir berdampak tingginya ombak di laut wilayah Sungsang Kabupaten Banyuasin.

Kondisi ini memaksa sebagian nelayan mengurungkan niat untuk melaut. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, sebagian nelayan memilih mencari ikan di sekitar muara.

Bacaan Lainnya

Lukman (46), seorang nelayan yang ada Sungsang mengaku, cuaca yang tak bersahabat membuat sebagian dari mereka takut melaut.

Namun menurut dia, tak sedikit dari nelayan tetap nekat melaut meski ombak di laut sangat tinggi.

Menurut dia, cuaca buruk seperti sekarang ini baru terjadi beberapa hari lalu.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Banyuasin, Supriadi mengimbau nelayan tidak memaksakan diri untuk melaut, sebab hujan deras disertai petir sangat berbahaya karena bisa memunculkan ombak tinggi.

Dikatakannya, berdasarkan informasi BMKG hujan lebat dan gelombang tinggi tersebut dipengaruhi masih hangatnya suhu permukaan laut di atas normal.

Terutama perairan Indonesia barat, masuknya aliran masa udara basah dari Samudra India, di maritim kontinen Indonesia, serta lemahnya aliran masa udara dingin.

“Selain itu, dipengaruhi adanya daerah perlambatan, pertemuan, dan belokan angin di wilayah Sumatera dan Kalimantan mengakibatkan kondisi atmosfer menjadi tidak stabil sehingga meningkatkan potensi petir dan angin kencang,” katanya. (zis)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.