Molor Dua Jam, Seluruh Fraksi DPRD Mura Setujui APBD Perubahan Dibahas Dengan Catatan

Suasana rapat paripurna dengan agenda Pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Mura atas penyampaian nota keuangan dan Raperda APBD Perubahan 2021, Rabu (22/9/2021) malam.

Laporan: Marwan Ashari

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Kendati molor dua jam dari waktu yang ditentukan, tujuh fraksi DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura) menyetujui Raperda APBD Perubahan 2021 dibahas ke tingkat yang lebih lanjut.

Read More

Persetujuan itu diungkapkan masing-masing juru bicara (Jubir) fraksi dalam rapat paripurna dengan agenda  Pemandangan umum fraksi-fraksi dewan atas penyampaian nota keuangan dan Raperda APBD Perubahan 2021, Rabu (22/9/2021) malam.

Rapat paripurna itu sendiri dipimpin oleh Ketua DPRD Mura, Azandri didampingi Wakil Ketua I, Firdaus Cek Olah, Wakil Ketua II, Hendra Adi Kusuma, dihadiri 24 dari 40 anggota dewan.

Jubir Fraksi PDI Perjuangan, Renal Wijaya menyetujui APBD Perubahan dibahas lebih lanjut.

Kendati menyetujui fraksi PDI Perjuangan tetap menginginkan apengelolaan keuangan daerah yang baik harus taat asas dan filosofi kebijakan politik.

Artinya anggaran yang berpihak pada kebutuhan dan kepentingan masyarakat Kabupaten Mura.

“Kita bahas bersama-sama secara mendalam dan mendetail pada saat pembahasan bersama pihak terkait sehingga dapat menggambarkan kondisi masyarakat. Dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan lebih jauh dan  diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Mura,” ucapnya.

Fraksi PDIP juga memberikan apresiasi kepada pemerintahan daerah pemerintahan kecamatan pemerintahan desa TNI/ Polri dan tenaga kesehatan beserta jajaran yang telah bersama-sama sehingga Kabupaten Mura berhasil masuk PPKM level 1 dan menjadikan pertama yang mendapat status tersebut.

Fraksi Partai Golkar, Rosalia, juga menerima dan sepakat dibahas pada tingkat selanjutnya.

Namun fraksi tetap meminta supaya Pemkab Mura lebih mengoptimalkan pendapatan asli daerah melalui pajak dan retribusi Daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya Fraksi NasDem melalui Jubir Hj Desriati menyetujui dengan catatan agar pemerintah dapat mempercepat proses vaksinasi terhadap masyarakat.

Kemudian untuk bantuan UMKM fraksi NasDem memberikan masukan kepada dinas terkait agar penyaluran bantuan kepada masyarakat sesuai sasaran untuk  pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Fraksi Gerindra Andika Saputra, juga menyetujui. Namun menyarankan masalah kelangkaan gas elpiji yang beredar di masyarakat.

Berkaitan dengan pendapatan asli daerah agar sektor-sektor pertumbuhan ekonomi menjadi skala prioritas Pemkab Mura dapat menyediakan lapangan kerja untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Jubir Fraksi PAN Imam Kurniawan, juga menyetujui. Begitu juga dengan Fraksi PKB bersatu melalui jubir Rusli sepakat untuk dibahas lebih lanjut.

Terakhir fraksi PKB bersatu melalui jubir Reni Widyastuti setuju dibahas lebih lanjut. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.