Microsoft Akan Bawa Aplikasi Android ke Windows 10

Jakarta, Sumselupdate.com – Microsoft bakal hadirkan aplikasi-aplikasi Android ke Windows 10 lewat upaya bernama Project Latte. Pembaruan ini akan dilaksanakan pada awal tahun 2021.

Melansir suara.com yang mengutip Gizmochina, Senin (30/11/2020), Project Latte menjadi usaha kedua yang dilakukan Microsoft. Sebelumnya, mereka telah meluncurkan dukungan aplikasi Android ke Windows 10 pada 2015 dengan nama Project Astoria.

Bacaan Lainnya

Namun program tersebut akhirnya dibatalkan pada 2018 dan kembali digencarkan lewat Project Latte.

Laporan dari Windows Central mengatakan bahwa proyek baru ini akan didukung dengan Windows Subsystem for Linux (WSL). Saat diluncurkan, pengembang akan dapat membawa aplikasi mereka ke Windows 10 dengan mudah, atau dengan sedikit atau tanpa perubahan kode.

Aplikasi tersebut akan dikemas sebagai MSIX, sebuah format paket aplikasi Windows sebelum dikirimkan ke Microsoft Store.

Apabila Microsoft berhasil, maka Windows app store akan mendapatkan ribuan aplikasi yang jauh lebih banyak. Meski begitu, upaya ini diragukan mengingat tampilan layar komputer jauh lebih besar dibanding ukuran layar ponsel.

Selain itu, Project Latte dinilai juga tidak mendukung layanan Play dari Google. Hal itu dikarenakan Google tidak mengizinkan layanan Play pada perangkat yang tidak menggunakan Android atau Chrome OS.

Namun jika Microsoft berhasil memasangkan produk Play ke sistemnya, maka itu menjadikan Windows sebagai platform dengan dukungan beberapa jenis paket aplikasi, seperti PWA, UWP, Win32, dan Linux. Hal ini bakal membuat Windows 10 semakin menarik untuk konsumen. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.