Meski dengan Segala Keterbatasan, TK Indria di Kabupaten Lahat Gratiskan Biaya Pendaftaran

Siswa TK Taman Indria di Kelurahan Talang Jawa Selatan, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan belajar di ruang kelas, Jumat (31/1/2020).

Lahat, Sumselupdate.com – Taman kanak-kanak merupakan jenjang pendidikan anak usia dini dalam bentuk pendidikan formal.

Kurikulum TK ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yaitu ke sekolah dasar (SD).

Bacaan Lainnya

Di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan tepatnya di Kelurahan Talang Jawa Selatan, Kecamatan Lahat,  terdapat salah satu Taman Kanak-kanak yang saat ini masih butuh perhatian pemerintah.

Sekolah itu adalah Taman Indria di bawah naungan Yayasan Persatuan Perguruan Taman Siswa Cabang Lahat yang menginduk di Yogyakarta.

Fasilitas yang masih kurang memadai dan gaji guru TK yang sangat minim, tidak melunturkan semangat para guru untuk mengajar dengan tulus ikhlas.

Begitu juga dengan wali murid yang tetap mempercayakan anaknya untuk belajar dan bermain di TK Taman Indria.

Namun di balik kekurangannya, Taman Indria memiliki kelebihan dari segi kebijakannya yang berbeda dengan PAUD atau TK lainnya.

Di mana pihak sekolah menggratiskan biaya pendaftaran, sehingga anak anak yang kurang mampu bisa bersekolah di Taman Indria.

Kepala TK Taman Indria, Defriati Sri Hartati.

 

Selain itu Taman Indria memiliki guru yang tulus dan ikhlas serta menyayangi murid-muridnya sehingga setiap murid memiliki keakraban tersendiri dengan guru-gurunya.

Kepala Sekolah TK Taman Indria, Defriati Sri Hartati mengatakan, sekolah ini telah lama terdaftar dan selalu laporan ke dinas terkait, namun kendalanya adalah administrasi yang sulit.

“Sebenarnya TK Taman Indria ini sudah lama terdaftar bahkan setiap tahunnya kami selalu laporan ke Dinas Pendidikan, namun memang masih belum cukup lengkap rasanya jika administrasi belum terselesaikan, harapan kami kepada Dinas Pendidikan, Pihak Perizinan, dan Pihak terkait lainnya untuk bisa membantu kami menyelesaikan dan melancarkan proses administrasi kami ini” ungkapnya.

Terkait biaya pendaftaran yang digratiskan, dengan tersenyum, Kepala Sekolah Taman Indria, Defriati membenarkan bahwa TK tersebut gratis biaya pendaftaran, dan mengutamakan kebahagiaan serta kesenangan anak-anak.

“Iya benar, kami tidak memungut biaya pendaftaran alias gratis, karena bagi kami yang terpenting saat ini adalah bagaimana kita bisa melihat anak-anak bahagia dan senang dengan kegiatan belajar dan bermain di Taman Indria. Walaupun memang masih banyak kekurangan yang harus dibenahi di sekolah kita, terutama dari segi fisik bangunan dan fasilitas” ujarnya.

Sementara Eva, salah satu wali murid saat dikonfirmasi media Sumselupdate.com, Jumat (31/1/2020) mengatakan, mereka tetap bangga dan mempercayakan kepada TK Taman Indria untuk memberikan ilmu pengetahuan.

“Ya kami tetap bangga dan percaya bahwa anak kami bisa berkembang serta memiliki bekal ilmu pengetahuan di Taman Indria, dan kami mengucapkan terima kasih kepada guru guru Taman Indria yang telah ikhlas dan tulus mengajarkan hal-hal baru kepada anak-anak kami,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh orang tua murid lainnya, yaitu ibu Qori. Saat ini TK Taman Indria Talang Jawa Selatan memiliki 30 peserta didik. (aji)

 

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.