Menkes Budi Gunadi Sebut Laju Penularan Covid-19 di Tanah Air Sudah Menurun

Selasa, 15 Maret 2022
Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin

Jakarta, Sumseludpate.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut laju penularan atau reproduction rate (RT) Covid-19 di Indonesia sudah mulai menurun.

Meski begitu, masih ada dua provinsi yang disebutnya belum menurun, meskipun laju penularannya sudah melandai.

Bacaan Lainnya

“Kami mengamati tinggal ada dua provinsi yang relatif masih belum menurun tapi melandai yaitu Kaltara dan NTT,” kata Budi dalam konferensi pers, Senin (14/3/2022) seperti dikutip dari suara.com jaringan nasional sumselupdate.com.

Lebih lanjut, Budi menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan penelitian terhadap pasien-pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Menurut hasil penelitian, pasien yang terpapar Covid-19 varian Delta memiliki resiko empat kali lebih tinggi ketimbang pasien Omicron.

Untuk menghindari itu, Budi meminta vaksinasi Covid-19 untuk dipercepat terutama bagi lanjut usia (lansia). Pasalnya, penduduk kategori lansia itu justru lebih rentan ketika terpapar Covid-19.

“Sudah terbukti mereka adalah orang-orang atau segmen populasi untuk sangat rawan untuk masuk ke rumah sakit dan untuk meninggal,” ujarnya.

Budi berharap masyarakat bisa membujuk para lansia yang awalnya enggan untuk mau divaksin minimal dua dosis. Bukan hanya dua, justru Budi menilai idealnya lansia mendapatkan tiga dosis termasuk booster.

“Oleh karena itu perlu sekali kita menyegerakan vaksinasi minimal lengkap atau minimal dua dosis, idealnya tiga dosis ke para lansia kita untuk melindungi mereka,” pungkasnya. (adm3/sur)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.