Lima SMA Negeri di Kota Pagaralam Berubah Nama, Simak Penjelasan

Ketua MKKS SMA Negeri Pagaralam Suniar, SPd, MPd.

Laporan: Novrico Saputra

Pagaralam, Sumselupdate.com – Sebanyak 455 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengalami perubahan identitas baru berdasarkan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sumsel dan Peraturan Gubernur Sumsel Nomor 6 tahun 2021.

Read More

Surat edaran nomor: 420/3746/Set.3/Disdik.SS/2021 tentang Penataan Identitas sekolah yang merupakan tindaklanjut dari Peraturan Gubernur Sumsel Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Pembentukan, Uraian Tugas dan Fungsi Unit Pelaksana Teknis Satuan Pendidikan Pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel.

Adapun lima Satuan pendidikan yang mengalami penataan nomenklatur Satuan Pendidikan yakni 5 UPT (Unit Pelaksana Teknis) Satuan Pendidikan SMAN, 2 UPT Satuan Pendidikan SMKN, dan 1 UPT Satuan Pendidikan SLBN.

Dari lima UPT Satuan Pendidikan SMAN dan dua untuk Satuan Pendidikan SMKN yang mengalami perubahan identitas dengan penataan nomenklatur tersebut, Satuan pendidikan SMKN di Kota  Pagaralam.

Sedangkan untuk di Kota Pagaralam sendiri terdapat beberapa sekolah yang mengalami perubahan nama di antaranya SMA Negeri 1 Pagaralam menjadi UPT SMA Negeri 1 Pagaralam.

Selain untuk SMAN, perubahan identitas inipun berlaku untuk satuan pendidikan SMKN dan SLBN.

Tidak hanya mengalami perubahan nama, namun juga mengalami perubahan penyesuaian identitas di antaranya papan nama sekolah, penomoran surat, kop surat, dan juga stampel/cap sekolah bersangkutan.

Kepala SMAN 1 Pagaralam yang kini menjadi UPT SMAN 1 Kota Pagaralam Suniar, SPd, Mpd selaku Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA Negeri Pagaralam kepada Sumselupdate.com menjelaskan perubahan ini didasarkan atas surat edaran Dinas Pendidikan Sumsel pada 19 Maret 2021 sebagai tindak lanjut Peraturan Gubernur Sumsel Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pembentukan, Uraian Tugas, dan Fungsi Unit Pelaksana Teknis Satuan Pendidikan pada Dinas Pendidikan Sumsel.

“Tentu kita menyambut baik hal ini, tentunya perubahan ini merupakan bentuk penataan nomenklatur dari satuan pendidikan yang sudah ada sebelumnya, yang disusun secara berurutan berdasarkan tahun berdiri sekolah dari masing-masing kabupaten/kota,” jelas Suniar saat dibincangi, Kamis (25/3/2021).

Menurutnya, kedudukan UPT satuan pendidikan ini merupakan unsur pelaksana teknis operasional dan teknis penunjang pada Dinas Pendidikan dalam hal ini Dinas Pendidikan Sumsel yang menyelenggarakan pendidikan menengah, pendidikan khusus, dan layanan khusus.

“Semoga dengan adanya penataan identitas sekolah ini dapat menjadikan satuan pendidikan terutama di SMAN 1 Kota Pagaralam yang kini berubah menjadi UPT SMAN 1 Pagaralam bisa menjadikan sekolah ini menjadi lebih baik lagi serta membawa perubahan dalam siswa didik sebagai siswa unggul, berahlak, dan berprestasi di masa mendatang,” tambahnya.

Dikatakannya, lima SMAN yang berubah status nama, tentu ada perubahan tugas pokok dan fungsi, struktur organisasi termasuk kepala sekolah, wakil kepala sekolah, Sub Bagian Tata Usaha, dan perubahan kel jabatan Fungsional. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.