Lewat Aplikasi Cahaya Smart, Warga Bisa Akses Informasi dan Pelayanan Desa

Aplikasi Cahaya Smart

Laporan : A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Aplikasi Cahaya Smart untuk keperluan administrasi desa dan kelurahan di Kabupaten Lahat, sudah mulai dijalankan. Aplikasi ini memungkinkan warga dalam mengakses informasi desa dan kelurahan, serta memudahkan dalam pelayanan terhadap masyarakat.

Read More

Kepala Bapedda Lahat Feriansyah Eka Putra ST MT mengatakan, pihaknya memfasilitasi para camat dan ketua Forum Kades, untuk mengikuti Bimtek aplikasi Cahaya Smart, agar dikenal oleh para pemerintah desa dan kelurahan.

“Kami di Bapedda ini mempelopori, aplikasi Cahaya Smart, didalamnya ada 21 fitur yang ditampilkan. Gunanya dari aplikasi ini, yakni sesuai dengan instruksi Bupati Lahat, agar berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka dari aplikasi ini, akan memudahkan masyarakat dalam memberikan pelayanan,” kata dia, Selasa (14/12/2021).

Feri menambahkan, sejauh ini, telah ada 3 kelurahan yang dilakukan uji coba penggunaan aplikasi Cahaya Smart, yakni Kelurahan Bandar Jaya, Kota Baru, Pasar Bawah dan Pagar Agung Kecamatan Lahat.

“Kedepannya aplikasi akan bisa di instal dengan mudah melalui Google Play Store, namun untuk saat ini masih dipegang pihak kelurahan terlebih dahulu, selama masa uji coba. Nantinya aplikasi itu akan berisi infomasi penting seputar kelurahan dan desa, termasuk masyarakat bisa mengakses APBDesa, data Bansos, potensi wisata, kuliner, data kependudukan dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Imansyah, selaku CEO dari PT Data Media Integrasi dari Kota Malang mengaku, bahwa sistem seperti itu sudah di lakukan di beberapa kota besar di Indonesia. Namun pihaknya bangga karena Kabupaten Lahat juga ingin menerapkannya ditengah pemerintahan sampai ke tingkat paling bawah.

“Awalnya pelayanan dilakukan secara manual, sekarang bisa melalui teknologi aplikasi berbasis android. Jadi warga bisa mencetak surat, cukup dengan HP Androidnya saja. Namun lebih dari itu, fungsi aplikasi Cahaya Smart, bukan hanya untuk cetak surat, semua menunya sangat kekinian, disana akan ditampilkan juga informasi seputar desa yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat umum,” ujar dia. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.