Lantik 55 Pejabat Esselon IV, Wabup Mura: Untuk Penuhi Kebutuhan Organisasi

Wabup Mura melantik 55 Pejabat Esselon IV di Balai Latihan Kerja Disnakertrans Mura, Jumat (22/3/2019).

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Wakil Bupati Mura Hj Suwarti melantik 55 pejabat esselon IV atau pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura). Pelantikan tersebut berlangsung di Balai Latihan Kerja Disnakertrans Mura, Jumat (22/3/2019) kemarin.

Hj Suwarti mengatakan, pelatikan tersebut sesuai kebutuhan organisasi, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat di Bumi Lan Sarasan Sekatenan.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, pelantikan pejabat dilakukan untuk memenuhi formasi jajaran pada OPD. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2017, tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil. Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), untuk menghasilkan PNS yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Proses pelantikan pejabat di setiap instansi pemerintah adalah bagian dari kebutuhan organisasi, dalam rangka peningkatan kapasitas karir pegawai. Sehingga diharapkan lebih memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik,” katanya.

Menurutnya, jabatan adalah kedudukan yang menunjukkan fungsi, tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang pegawai ASN dalam suatu satuan organisasi. Sebab pengisian jabatan harus berdasarkan pada pengetahuan, keterampilan dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

“Kita maknai pelantikan dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu. Melainkan merupakan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal,” ucapnya.

Dia juga berkeyakinan, bahwa dengan pengalaman dan profesionalisme yang dimiliki, maka tantangan yang ada akan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya. “Tinggalkan mental priyayi atau penguasa. Jadilah Birokrat yang melayani dan mengabdi sepenuh hati untuk kejayaan dan kesejahteraan rakyat. Jaga kode etik profesi dan pedomani sumpah jabatan,” imbuhnya.

“Pegang teguh komitmen Panca Prasetya Korpri. Buktikan kepada masyarakat bahwa integritas dan kinerja aparatur negara semakin berkualitas dan dapat dibanggakan. Khusus bagi ASN di lingkungan Pemkab Mura fungsi dan tugas telah diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN,” tambahnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wabup berharap kepada pejabat yang baru dilantik, untuk meningkatkan disiplin, dedikasi dan loyalitas sebagai jati diri dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara, kembangkan cara berpikir yang sederhana.

“Sehingga diharapkan setiap pelayanan harus menyentuh dan berpengaruh nyata terhadap percepatan pembangunan, patuhi aturan yang berlaku dan segala bentuk perintah kedinasan, hindari dan jangan lakukan pelanggaran sekecil apapun dan tingkatkan kinerja dengan semangat AK5,” pungkasnya. (Ain)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.