Konkernas, PWI Cetak Wartawan Berwawasan Kebangsaan

Penulis: - Senin, 19 Februari 2024
Foto bersama.

Jakarta, sumselupdate.com – Didahului dengan acara pengukuhan pengurus PWI Pusat 2023-2028 oleh Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) PWI 2024 digelar di Candi Bentar Hal, Putri Duyung, Ancol, Minggu (18/2).

Acara terkait dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 ini berlangsung lancar. Dalam sambutannya saat membuka Konkernas, Hendry Ch Bangun mengatakan bahwa tujuan Konkernas ini diselenggarakan sebagai langkah untuk mensosialisasikan program-program kerja PWI Pusat masa bakti 2023-2028.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024 begitu padat, sehingga Hendry meminta maaf jika pelayanan panitia terhadap para peserta ada yang kurang berkenan terutama dalam hal akomodasi.

Karena acara peringatan tahunan pers nasional ini dihadiri oleh seluruh pengurus PWI di provinsi, kabupaten/kotamadya, maka menurut Hendry, pihaknya memasukan agenda konkernas dengan tujuan menyampaikan program-program PWI agar bisa tersosialisasikan dengan baik dan bisa dilaksanakan di daerah.

“Jadi teman-teman tujuannya agar pengurus pusat bisa menyampaikan program-program utama dengan tujuan bisa dilaksanakan oleh teman-teman pengurus daerah,” katanya.

Baca juga : PWI Pusat dan KIP Mantapkan Kerja Sama Bidang Informasi

Menurut Hendry, program PWI Pusat yang paling penting adalah berupaya mengembalikan marwah PWI yakni bukan sekedar tempat penampungan wartawan se-Indonesia, tetapi menjadikan insan-insan wartawan yang memiliki wawasan kebangsaan. Wujudnya, lanjut Hendry, diharapkan bisa tercemin dalam setiap tulisan atau konten yang dibuat wartawan Indonesia.

Salah satu upaya untuk mencapai itu adalah meningkatkan kompetensi wartawan Indonesia. Salah satunya dengan menggiatkan uji kompetensi dimana sebelum acara HPN ini, PWI sudah mulai menggelar uji kompetensi di 10 provinsi mulai dari Aceh sampai Papua bahkan Papua Selatan. Kemudian dari Sulawesi Utara sampai dengan NTT.

Baca juga : Raih 247 Suara, Kurnaidi Pimpin PWI Sumsel

UKW itu, kata Hendry, akan terus berlanjut mulai dari provinsi terujung barat, timur, utara dan selatan. Sehingga dalam waktu yang tidak lama akan menjangkau seluruh dari 38 provinsi ditambah cabang khusus PWI Surakarta.

Program utama PWI Pusat lainnya adalah membuka Sekolah Jurnalisme Indonesia. Pembukaan Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) sudah dilaksanakan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Ristek di Bandung. Angkatan pertama diikuti 33 peserta dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Barat.

Selanjutnya, kata Hendry, SJI ini akan dilaksanakan di Provinsi Lampung kemudian di kepulauan riau dan juga di Jawa Tengah.

Hendry juga menyinggung rencana penting lain yakni PWI Pusat akan mendirikan Graha Pers Pancasila di Yogyakarta.

Konkernas yang berakhir sekitar pukul 20.00 ini ditutup Hendry Bangun dengan menghasilkan beberapa keputusan yang akan dilaksanakan oleh pengurus PWI di daerah.

Keputusan yang cukup penting salah satunya menutup PWI cabang yang berlokasi di Ibu Kota Provinsi. Jadi setiap Ibu Kota Provinsi hanya diwakili oleh PWI Cabang Provinsi saja. Keputusan lain yakni kepada anggota PWI yang kartu anggotanya sudah mati bisa mengajukan perpanjangan mulai 1 Maret hingga 31 Maret mendatang.

Sementara itu, Ketua SIWO PWI Pusat, Agus Susanto menyampaikan bahwa pelaksanaan pekan olahraga wartawan nasional (Porwanas) 2024 berlangsung di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Agustus 2024. Cabang yang dipertandingkan antara lain adalah cabang catur dan domino.  Cabang domino adalah kali pertama yang dipertandingkan di Porwanas. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.