Komnas KIPI Ungkap Temuan Efek Vaksin AstraZeneca, Ada Pembekuan Darah?

Astra Zeneca

Jakarta, Sumselupdate.com – Prof Hindra Irawan Satari Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) menyebutkan bahwa pembekuan darah akibat vaksinasi Corona di Indonesia belum ditemukan.

“Di Indonesia juga belum cukup data, juga tentang blood clot. Namun, laporan dari vaksin ini belum ada laporan tentang blood clot ini,” jelasnya, dalam konferensi pers, Minggu (4/4/2021) seperti dikutip dari detik.com.

Bacaan Lainnya

“Mudah-mudahan tidak ada, tapi kami mempunyai tugas juga dari WHO sebetulnya untuk melaksanakan surveilans kejadian ikutan dengan perhatian khusus, itu dilakukan di 14 rumah sakit di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, Prof Hindra mengatakan, adanya pembekuan darah yang dikaitkan dengan vaksin Astrazeneca yang sebelumnya dibicarakan akan menjadi perhatian. Prof Hindra menyebutkan sudah melakukan pemantauan sejak 13 Januari lalu, dan melihat apakah blood clot di Indonesia meningkat.

Pada kesempatan yang sama, Prof Hindra mengatakan laporan tertinggi yang paling sering dirasakan pasca imunisasi ada 5. Yaitu ada sakit kepala, mual, muntah, nyeri otot, dan pusing.

“Jadi disimpulkan tidak terkait dengan pemberian vaksin, namun kalau waktu 1 atau 2 hari subjek mengalami demam, mual, muntah, itu kejadian pasca imunisasi, itu menghilang dengan sendirinya dengan tanpa pengobatan,” tambahnya. (adm3/dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.