Kliennya Divonis 4 Tahun, Kuasa Hukum Junaidi Apresiasi Hakim

kuasa terdakwa Junaidi, Agustina Novita Sarie SH.

Palembang, Sumselupdate.com – Majelis hakim PN Tipikor Palembang, yang diketahui hakim Sahlan Effendi SH MH, memvonis kedua terdakwa Rusman selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek divonis tiga tahun penjara, serta terdakwa Junaidi selaku kontraktor pelaksana kegiatan pembangunan turap.

Kedua terdakwa divonis terkait kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa pembangunan turap RS Kusta DR Arivai Abdullah.

Dikonfirmasi kuasa terdakwa Junaidi, Agustina Novita Sarie SH, mengaku sangat mengapresiasi vonis yang telah dijatuhkan terhadap kliennya tersebut.

Ia menilai majelis hakim dalam menjatuhkan pidana telah berkesesuaian dengan fakta-fakta yang sesungguhnya dipersidangan, yang menyatakan pendapat serta pertimbangan berbeda dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Bahwa apa yang terjadi faktanya tidak ada satu rupiah pun diambil keuntungannya dari perkara ini oleh kedua terdakwa, itu hanya bentuk kelalaian saja dalam pelaksanaan pembangunan,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, jika atas putusan tersebut pihaknya akan pikir-pikir dan mengkonsultasikan pada terdakwa Junaidi langka hukum apa yang akan diambil untuk selanjutnya.

Sementara itu kuasa hukum Rusman Arief Budiman SH, menyatakan tidak sependapat, dimana dalam perkara ini adanya perjanjian adendum yang dibuat oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) serta Dirjen, bukan dibuat oleh PPK.

“Faktanya, klien kami Rusman ini menandatangani adendum bersama terdakwa Junaidi telah berdasarkan persetujuan KPA terlebih dahulu,” ungkapnya.

Maka dari itu, lanjut Arief ia menilai tidak ada penyalahgunaan kewenangan sebagaimana yang disebutkan dalam pertimbangan majelis hakim sebelum menjatuhkan pidana 3 tahun penjara kepada terdakwa Rusman.

“Untuk itu, selaku penasihat hukum sebenarnya lebih cenderung untuk mengajukan banding, namun tentunya ini kembali akan kita koordinasikan dahulu dengan terdakwa dan keluarga,” tutupnya. (Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.