KJRI Jeddah Bersama Masyarakat Bantu Pemulangan WNI yang Lumpuh Akibat Stroke

Proses pemulangan Sehriyeh yang dibantu Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah bersama unsur masyarakat dari Jeddah Arab Saudi, Senin (19/4/2021).

Laporan: Fauzy Chusny

Jeddah, Sumselupdate.com – Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah bersama unsur masyarakat membantu pemulangan seorang WNI yang menderita stroke.

Bacaan Lainnya

WNI bernama lengkap Suhriyeh Binti Muher Bahar (SMB) diterbangkan Senin (19/4/2021) dari Jeddah Arab Saudi.

Perempuan asal Sampang Jawa Timur ini terpaksa menggunakan kursi roda karena lumpuh akibat stroke yang dideritanya. SMB mendapat pendampingan selama penerbangan menuju tanah air.

Ihwal keberadaan SMB diketahui KJRI Jeddah dari pengaduan seorang pegiat media sosial asal Indonesia yang menyebutkkan, di Rumah Sakit An-Noor Mekkah ada seorang WNI perempuan yang telah dirawat selama 17 hari karena stroke.

Proses pemulangan Sehriyeh yang dibantu Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah bersama unsur masyarakat dari Jeddah Arab Saudi, Senin (19/4/2021).

KJRI Jeddah segera menerjunkan petugas ke rumah sakit, tempat SMB dirawat, untuk menindaklanjuti laporan tersebut.

Perkembangan kesehatan SMB dari waktu ke waktu berangsur membaik. Dia diizinkan meninggalkan rumah sakit dan melanjutkan pemulihan di tempat tinggalnya di Mekkah.

Namun, dia terganjal tagihan biaya perawatan yang nilainya tidak sedikit, yaitu sebesar 43.284 riyal Saudi atau sekitar Rp165 juta.

Sesuai kebijakan Pemerintah Arab Saudi, keberadaan warga negara asing yang tidak resmi di negaranya tidak memperoleh akses ke fasilitas kesehatan yang biasanya dicover oleh asuransi.

Untuk menutupi biaya tersebut, pihak keluarga telah berikhtiar menjual harta benda untuk melunasi tagihan rumah sakit agar SMB bisa segera dipulangkan. Namun, nilainya belum mencukupi.

Beberapa teman SMB dan sejumlah dermawan turut urunan untuk membantu meringankan beban tagihan, sehingga berhasil terkumpul dana sebesar 37 ribu riyal. Sisanya ditanggung oleh KJRI Jeddah.

Proses pemulangan Sehriyeh yang dibantu Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah bersama unsur masyarakat dari Jeddah Arab Saudi, Senin (19/4/2021).

Untuk mempercepat proses pemulangan SMB, Tim Pelayanan dan Pelindungan Warga KJRI Jeddah segera mengurus dokumen perjalanan, exit permit dan keterangan layak terbang dari rumah sakit.

Selain itu, tim juga mendampingi SMB menjalani tes PCR guna memastikan bahwa dia bebas Covid-19 sesuai protokol kesehatan bagi penumpang pesawat yang telah diatur oleh pihak berwenang.

Untuk itu, KJRI Jeddah mengapresiasi aksi kemanusiaan yang diinisiasi oleh kalangan masyarakat dengan melakukan penggalangan dana dari para dermawan untuk biaya pemulangan SMB ke tanah air. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.