Keluarga Besar Erick Thohir Berikan Sumbangsih Nyata Bagi Umat Muslim RI di Amerika

Masjid At-Thohir di Los Angeles, yang didirikan keluarga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, telah diresmikan Minggu, (27/03/2022).

Jakarta, sumselupdate.com – Masjid At-Thohir di Los Angeles, yang didirikan  keluarga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, telah diresmikan  Minggu, (27/03/2022).

Nama Masjid yang diambil dari nama belakang keluarga besar M. Teddy Thohir itu sudah mulai beroperasi, baik sebagai tempat ibadah maupun ruang silaturahmi umat muslim dan pusat kegiatan keagamaan.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS), Rosan Roeslani mengatakan, langkah keluarga Erick Thohir mendirikan masjid di Los Angeles sangat luar biasa, dan mereka bisa menjadi tauladan.

“Saya melihat keluarga besar beliau selalu memberikan sumbangsih  nyata dalam segala aspek,” kata Rosan dalam keterangan tertulis, Selasa (29/3/2022).

Selain mendirikan masjid, kata Rosan Roeslani, keluarga Erick Thohir kerap memberikan kontribusi nyata untuk membantu masyarakat muslim.

“Keberadaan masjid ini kontribusi nyata keluarga Pak Thohir dan masyarakat muslim di sini,” ucapnya.

Dikatakan Rosan Roeslani, usai diresmikan Masjid At-Thohir dengan kapasitas 250 jemaah ini pintunya akan terbuka buat siapapun yang berkunjung kesana. Masjid At-Thohir ini juga memiliki aula pertemuan  berkapasitas 250 orang, serta 4 ruang kelas tempat belajar anak-anak dan para remaja muslim.

Selain itu, Masjid yang berdiri di atas tanah bekas bangunan gereja itu tidak hanya diperuntukkan buat umat warga Indonesia dan umat Islam saja, tetapi bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, baik muslim maupun non muslim.

“Juga bisa berdampak positif, tidak hanya untuk komunitas muslim, tapi juga untuk komunitas agama lain,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Indonesia Muslim Foundation (IMFO) Dwirana Satyavat mengapresiasi kedermawanan keluarga Erick Thohir atas pembangunan Masjid At-Thohir.

Pasalnya, keinginan umat Islam di LA untuk mendirikan masjid kini sudah terwujud berkat keterlibatan keluarga Erick Thohir.

“Kami bersyukur bahwa kami dipertemukan dengan Bapak Boy Thohir yang juga punya keinginan membangun masjid,” kata Dwirana.

Dwirana juga menceritakan sulitnya mencari lokasi atau bangunan untuk dijadikan masjid di LA. Namun, kesulitan tersebut kemudian dijawab keluarga Erick Thohir dengan membeli bangunan gereja tua, yang kemudian dibangun  Masjid At-Thohir.

“Banyak kendala saat kami mencari bangunan untuk dijadikan masjid. Tapi alhamdulillah per 17 Agustus 2018, bertepatan hari Kemerdekaan kami bisa lock bangunan ini untuk dijadikan masjid,” tuturnya.

Diketahui, selain membangun Masjid At-Thohir di Los Angeles, Amerika Serikat, keluarga Erick Thohir juga membangun Masjid At-Thohir di kawasan Depok, Jawa Barat.

Masjid At-Thohir di Depok tak hanya sebagai tempat sholat, tetapi juga dijadikan sebagai tempat silaturahmi antar masyarakat dan juga pusat pergerakan ekonomi.

Tak sampai disitu, orang nomor satu di Kementerian BUMN itu kemudian membina majelis dzikir yang diberi nama Majelis Dzikir At-Thohir. Majelis ini juga dijadikan sebagai wadah untuk memperkuat silaturahmi dan membantu menggerakkan ekonomi rakyat.

Kepedulian Erick Thohir dan keluarga terhadap kegiatan keagamaan, mengalir dari ajaran almarhum Sang Ayah, H. Muhamad Teddy Thohir bahwa agama adalah nafas dari setiap perilaku sehari-hari. (duk)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.