Keindahan Goa Pindul, Dari Bikin Cantik Hingga Tambah Perkasa

Sabtu, 14 Juli 2018
Cave Tubing, kegiatan menyusuri Goa Pindul menggunakan ban pelampung

Gunung Kidul, Sumselupdate.com — Yogyakarta, atau yang biasa disebut Jogja, merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Selain terkenal dengan keramahan penduduknya, lebih dari seratus objek wisata bisa ditemui di Jogja. Mulai dari wisata bahari, wisata alam, wisata religi hingga wisata belanja ada di sini. Itulah sebabnya Jogja banyak menarik minat wisatawan domestik dan luar negeri.

Berada di Jogja, Sumselupdate.com menyempatkan mengunjungi objek wisata yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Goa Pindul, begitulah nama salah satu destinasi wisata yang terletak di Desa Wisata Bejiharjo, Karangmojo ini. Objek wisata ini dibuka secara resmi pada 10 Oktober 2010 dan bisa ditempuh sekitar 1 jam 30 menit dari Malioboro.

Bacaan Lainnya

Kata Pindul berasal dari dua kata yakni pipi dan kebendul (bahasa Jawa). Penamaan goa ini tidak lepas dari sejarah dan cerita rakyat yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Goa Pindul ini dikelola langsung oleh pemerintah desa dan karang taruna. Sebelum langsung ke goa, pengunjung akan beristirahat dulu di tempat persinggahan atau basecamp. Disini, pengunjung bisa mengganti baju terlebih dahulu sembari menikmati air wedang yang disiapkan oleh pengelola.

Untuk menuju goa, pengunjung akan diantar menggunakan sebuh mobil bak terbuka yang disebut ‘Pajero Pindul’. Kata Pajero ialah singkatan panas njobo njero (Bahasa Jawa) yang berarti panas luar dalam. Pengunjung kemudian akan berjalan sekitar 300 meter melewati jalan setapak dan menuruni anak tangga untuk sampai ke mulut goa.

Pengunjung juga akan diberi sebuah ban yang sudah didesain khusus yang akan digunakan sebagai pelampung saat menusuri Goa Pindul. Kegiatan menyusuri sungai menggunakan ban ini disebut Cave Tubing.

Untuk memastikan keamanan, pengunjung juga akan dilengkapi dengan jaket pelampung. Pengujung juga ditemani oleh beberapa orang pemandu yang akan menjelaskan secara detail mengenai apa saja yang ditemui di dalam goa.

Goa Pindul mempunyai panjang 350 meter. Lebar goa ini sekitar 4-5 meter, meski terdapat satu bagian sempit yang hanya bisa dilalui satu ban pelampung.

Untuk kedalaman air di goa ini dari 1-12 meter. Ada tiga bagian yang terdapat pada goa, yakni bagian terang, bagian gelap dan bagian remang-remang. Bagian terang ialah bagian depan goa yang dijadikan titik awal pengunjung menelusuri goa. Tak jauh dari setelah itu ialah bagian remang, sedangkan bagian gelap berada di tengah goa.

Batu Tirai

Di dalam goa pengunjung bisa menemui bebatuan stalagtit yang beberapa di antaranya masih aktif. Terdapat beberapa bebatuan yang tampak berkilau saat terkena cahaya yang disebut ‘batu mutiara’. Ada juga sebuah batu yang disebut ‘batu gong’, yang saat dipukul akan mengeluarkan suara seperti suara gong.

Pengunjung juga dapat menjumpai batuan stalagtit besar yang berada di dalam gua. Besarnya stalagtit ini bahkan hingga lima rentang tangan orang dewasa. Selain itu, di dalam goa juga ada sebuah batu yang ‘batu perkasa’ dan ‘batu tirai’ yang bentuknya menyerupai tirai serta sebuah batu yang menyerupai tulang.

Ada beberapa mitos yang beredar soal Goa Pindul ini. Konon katanya, seorang wanita akan menjadi cantik dan awet muda jika terkena air yang menetes dari stalagtit. Sedangkan untuk pria dapat meningkatkan vitalitas jika dapat menyentuh ‘batu perkasa’ yang ada di dalam goa.

Batu Perkasa

Selain menemukan bebatuan unik, di dalam goa pengunjung juga dapat menjumpai ribuan kelelawar yang bersarang di langit-langit goa. Tak perlu takut, kelelawar ini tidak akan menyerang pengunjung, karena merupakan jenis kelelawar pemangsa serangga.

Sebelum sampai di titik akhir penyusuran, pengunjung akan mendapati sebuah ruang besar dengan gua vertikal di atasnya. Di sini kita bisa melihat rimbun pepohonan yang ada di atas goa.

Saat siang hari, cahaya dari matahari akan masuk melalui mulut goa yang ada di atas sehingga akan sangat indah untuk dilihat. Sayang, karena berkunjung pada sore hari, Sumselupdate.com tak bisa melihat langsung keindahan tempat ini.

Sampai di titik akhir, pengunjung bisa menceburkan diri untuk berenang di bagian luar goa. Meski diperbolehkan berenang, namun pengunjung dilarang untuk membuka jaket pelampung. Sampai di sini, petualangan di Goa Pindul juga berakhir.(azw)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Komentar

  1. Terbuka pintu petualangan Anda di Goa Pindul! Rasakan keindahan alam dalam goa-goa eksotis yang dipenuhi dengan keajaiban stalaktit dan stalagmit. Dengan tur kami, nikmati serunya berpetualang di aliran air sungai bawah tanah dengan tubing yang mendebarkan. Panduan berpengalaman kami akan memastikan pengalaman tak terlupakan ini aman dan menyenangkan. Jelajahi Goa Pindul sekarang dan raih kenangan petualangan yang tiada duanya!