Kantong Plastik Merusak Lingkungan Hidup

Sampah Plastik (Ilustrasi)

Minggu, 21 Februari 2016

Palembang, sumselupdate.com – Tidak dipungkiri, dalam kehidupan sehari-hari kita kerap menggunakan kantong plastik untuk berbagai keperluan. Selain ringan, kantong plastik juga praktis untuk dibawa kemana-mana. Persoalannya, apakah kita tahu bahaya apa saja yang disebabkan kantong plastik bagi lingkungan hidup?

Bacaan Lainnya

Salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup yang sampai saat ini masih menjadi “PR” besar bangsa Indonesia adalah faktor pembuangan limbah sampah plastik. Kantong plastik benar-benar telah menjadi sampah yang berbahaya dan sulit dikelola.

Kantong plastik, seperti dikutip dari alamendah.org, ternyata bukan saja mengancam cadangan sumber daya energi yang tidak dapat diperbaharui, tetapi juga membawa dampak lingkungan yang sangat serius sebagai akibat dari bahan kimiawi yang dikandungnya.

Kantong plastik terbuat dari penyulingan gas dan minyak yang disebut ethylene. Minyak, gas dan batu bara mentah adalah sumber daya alam yang tak dapat diperbarui. Semakin banyak penggunaan palstik berarti semakin cepat menghabiskan sumber daya alam tersebut.

Bahan pembuat plastik pada umumnya berupa polimer polivinil, terbuat dari polychlorinated biphenyl (PCB) yang mempunyai struktur mirip DDT. Selain itu, kantong plastik juga ternyata sulit untuk diurai oleh tanah karena butuh waktu 100 sampai 500 tahun. Saat terurai, partikel-partikel plastik pun akan mencemari tanah dan air tanah.

Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakarannya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi.

Kantong plastik juga penyebab banjir, karena menyumbat saluran-saluran air atau tanggul. Bahkan yang terparah kantong plastik dapat merusak turbin waduk.

Begitu besarnya bahaya sampah kantong plastik bagi lingkungan hidup, maka kita sudah semestinya mendorong pemerintah untuk melahirkan regulasi yang dapat meredam makin meningkatnya penggunaan plastik. (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.