Kadistan PALI dan Pejabat Pertamina Panen Padi Organik Perdana, Ini Hasilnya

Memanen padi secara bersama secara simbolis.

PALI, Sumselupdate.com –Dinas Pertaniaan dan PT Pertamina EP Asset 2 menggelar panen padi organic perdana di lahan cetak sawah tepatnya di Desa Pengabuan, Kecamatan Abab, Kabupaten PALI, Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (3/9/2019).

Panen padi ini dihadiri Bupati PALI yang diwakili Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten PALI, Ahmad Jhoni dan General Manager PT Pertamina EP Asset 2 Astri Pujianto didampingi Field Manager Pertamina Adera Hermansyah.

Bacaan Lainnya

Kepada awak media, General Manager PT Pertamina EP Asset 2 Astri Pujianto Astri Pujianto mengatakan, panen perdana padi organik merupakan program CSR dari PT Pertamina EP Asset 2 Field Adera.

“Tercatat ada dua kelompok tani dari dua desa, yaitu Desa Pengabuan dan Desa Pengabuan Timur yang diberdayakan dalam program CSR padi organic,” katanya.

Menurut Astri, dengan metode padi organik akan mampu menghasilkan hingga sepuluh ton per hektar. Namun untuk panen kali ini baru menghasilkan enam ton ton per hektar.

Ia juga menjelaskan lahan yang digunakan yaitu lahan sawah yang memang sudah ada.

“Yang kita berdayakan ada sekitar 1,7 hektar. Ke depan Pemkab PALI akan membantu membangun saluran irigasi air untuk mengantisipasi ketika musim kemarau,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kadistan Kabupaten PALI, Ahmad Jhoni menjelaskan, program penanaman padi organik akan disebarluaskan ke seluruh PALI.

“Karena dari segi hasil dan ketangguhan terhadap serangan hama, padi organik lebih banyak hasilnya dan lebih tangguh ketimbang penanaman padi seperti biasanya,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, penanaman padi organik ini  lebih mudah dirawat serta tidak terlalu banyak dalam menyerap air.

“Hasil padinya juga lebih bagus, sehingga harga jual padi bisa lebih tinggi,” tutupnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung di tengah sawah, tampak GM PT Asset 2 bersama Kadistan, Camat Abab, dan jajaran direksi Pertamina Asset 2 dan Pertamina Adera, Kapolsek Penukal Abab, dan TNI memanen padi yang sudah menguning.  (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.