Kabut Tebal Tutupi Kota Palembang Pagi Hari, BMKG : Fenomena Kabut

Kabut tebal selimuti Kota Palembang, Selasa (20/9/2022) pagi.

Palembang, Sumselupdate.com – Udara dingin menusuk kulit disertai kabut tebal turun menutupi jarak pandang di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) pada Selasa (20/9/2022) pagi. Sejumlah pengguna jalan harus waspada, karena jarak pandang menurun terendah berjarak hanya 200 meter saja.

Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Mahmud Badaruddin II mencatat jika terjadi fog alias kabut. Peristiwa kabut terjadi pada pukul 05.00 wib hingga pukul 07.30 wib dengan jarak pandang terendah sepanjang 200 meter.

Bacaan Lainnya

BMKG mengungkapkan kabut atau fog terjadi karena suhu permukaan bumi yang lebih dingin hingga uap air yang berada di atasnya suhu mencapai suhu titik embun.

Kondisi ini mengalami kondensasi menjadi titik-titik air yang kecil dan melayang di permukaan menjadi kabut atau fog.

“Namun dengan makin seiring munculnya sinar matahari kabut ini akan menghilang,” ujar peringatan BMKG.

BMKG mengatakan kabut tebal dapat menghalangi jarak pandang. Kabut berbahaya jika terjadi di jalan raya, dunia penerbangan maupun kelautan.

“Karena keterbatasan jarak pandang menyebabkan pengemudi sulit memprediksi jika ada benda atau kendaraan lain di depannya,” katanya.

BMKG memperingatkan masyarakat pengguna transportasi dihimbau berhati-hati jika terjadi fenomena kabut (fog).

“Masyarakat pengguna transportasi dihimbau untuk berhati-hati jika terjadi fenomena kabut (fog) dengan jarak pandang kurang dari 1 kilometer,” ujar BMKG. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.