Jokowi: Kapal FV Viking akan Ditenggelamkan Separuh Badan di Pangandaran

Senin, 14 Maret 2016
Kapal FV Viking

Jakarta, Sumselupdate.com – TNI AL mendapat tangkapan besar. Bekerjasama dengan interpol Norwegia, TNI mampu menangkap kapal pencuri ikan yang telah menjadi buruan banyak negara.

Presiden Jokowi bahkan merasa perlu untuk memberikan apresiasi. Melalui akun twitternya, Senin (14/3/2016), Jokowi berkicau mengapresiasi keberhasilan terkait penangkapan kapal FV Viking di Lepas Pantai Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

“13 negara bertahun-tahun memburu FV. Viking, kapal pencuri ikan lintas negara. Indonesia berhasil menangkapnya -Jkw,” kicau Presiden dalam akun resmi twitternya di @jokowi, demikian sebagaimana diberitakan oleh Tribunnews.

Biasanya, kapal ilegal hasil tangkapan akan ditenggelamkan.

Namun, Presiden mengatakan, Kapal tersebut tidak akan ditenggelamkan secara menyeluruh, sebab akan dijadikan sebagai monumen melawan Illegal Fishing.

“Kapal FV Viking akan ditenggelamkan separuh badan di Pengandaran untuk jadi monumen melawan illegal fishing,” kata Presiden.

Diketahui, kapal FV Viking telah 13 kali berganti nama, 12 kali berganti bendera, dan delapan kali berganti call sign.

Kapal ini menjadi kapal buronan Interpol, yang ditangkap jajaran Komando Armada Kawasan Barat (Koarmabar) TNI AL di perairan Kepulauan Riau, pada 25 Februari lalu.

Kapal itu berhasil ditangkap KRI Sultan Thaha Saifudin pada posisi 12.5 nautical mile perairan utara Berakit, Kepulauan Riau. Kapal yang dinakhodai Huan Venesa, seorang warga negara Chile, beserta 11 Anak Buah Kapal (ABK) selanjutnya dikawal menuju Tanjung Uban.

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.