Jelang Lebaran Idul Adha, Penjual Hewan Kurban Mulai Marak

Sabtu, 28 Mei 2022
Hewan kurban yang dijual di Kecamatan Pendopo.

Laporan: Mutakim Alparizi

Tebing Tinggi, sumselupdate.com Jelang hari raya Idul Adha, meski pembeli sapi belum ramai, tapi penjual sapi telah bersiap dan menyediakan sapi kurban di Kecamatan Pendopo.

Agus selaku pemilik sapi mengatakan meski belum banyak sapi yang tersedia, namun sudah ada beberapa orang yang mencari dan bertanya tentang harga sapi kurban yang dijual bahkan sudah ada satu dua orang yang membeli sapi kurban.

“Untuk kisaran harga sapi lokal per ekornya itu mulai dari Rp11 juta hingga Rp16.500.000 tergantung ukuran ataupun berat dari sapi itu sendiri,” kata Agus.

Advertisements

Sementara untuk harga daging sapi itu sendiri, sama saja dengan harga daging pada saat hari raya Idul Fitri yakni Rp130.000 perkilogramnya.

Plt Kepala Dinas Petanian Kabupaten Empat Lawang, Hendra Lezi saat dihubungi menyampaikan, sampai saat ini di Kabupaten Empat Lawang tidak ditemukan sapi yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku tidak ditemukan.

“Kami sudah menurunkan tim dari Kabid Peternakan ke sentra-sentra sapi yang ada ternyata untuk penyakit kuku dan mulut itu belum terdapat di Kabupaten Empat Lawang jadi berdasarkan SK bupati sudah dibentuk tim penanggulangan dan penanganan,” ujarnya.

Hendra melanjutkan pihaknya nanti akan mengeluarkan surat edaran agar masyarakat lebih selektif dalam memilih hewan kurban.

“Jadi di tempat hewan kurban atau sentra masuknya hewan kurban akan kami tempatkan petugas untuk mengawasi,” jelasnya. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.