Jasad WNA Beijing yang Tewas di Mura, Segera Diberangkatkan ke China

Jasad WNA
Palembang, Sumselupdate.com – Setelah sempat tertunda kepulanganya selama 2 bulan lebih, akhirnya jenazah Warga Negara Asing (WNA) China, Zhou Jil In (48) yang bekerja di Indonesia tepatnya di Kabupaten Musi Rawas (Mura) dipulangkan pihak Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Sumsel melalui jalur udara. Sabtu (18/6) pukul 17.00.
Keberangkatan peti jenazah Zhou Jil In terdapat segel dari pihak Bagian Pengedalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Palembang, di mana dalam segel tersebut disebutkan tujuan ke Beijing China. Sebelum diberangkatkan ke Beijing, jenazah dikirim ke Jakarta dengan alamat korban Zhou Jil In (48) alamat tempat tinggal Graha Cempaka Mas Blok E-I LT 27 No 1 Jakarta Pusat.
Peti Jenazah diberangkatkan menggunakan pesawat Garuda rute Palembang-Jakarta. Zhou Jil In sendiri adalah  seorang Rig Manager PT Henan ditemukan tewas dengan tubuh dipenuhi luka tusukan dan benda tajam dan pukulan benda tumpul di sekujur tubuhnya. Korban ditemukan dalam posisi terlentang di Camp PT Henan Desa Seriang Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Mura, Selasa (10/5) pukul 13.00.
Oleh penyidik Polres Musi Rawas jenazah dibawa ke RS Bhayangkara Polda Sumsel, Rabu (11/5), dari hasil otopsi yang dilakukan tim forensik RS Bhayangkara Polda Sumsel yang di pimpin langsung oleh Dr Indra Sakti Nasution.
“Dari hasil otopsi diketahui penyebab kematian korban karena kehabisan darah, karena jantung tertusuk benda tajam dari dada kanan tembus ke dada kiri, di mana terkena paru-paru dan jantung. Ada luka memar di dada sehingga menyebabkan ada 4 tulang rusuk yang patah trauma benda tumpul” kata Kabid Dokkes Polda Sumsel Kombes Pol Soesilo Pradoto, didampingi Ipda Edinson sebagai Perwira Adminitrasi Pelayanan Kedokteran Kepolisian (Pamin yandokpol) RS Bhayangkara Polda Sumsel, Sabtu (18/6).
Menurutnya masalah WNA secara adminitrasi sudah diserahkan penyidik kepada pihak keluarga.
“Kita di sini hanya menyerahkan secara fisik, karena ini hanya titipan saja, sudah ada berita acaranya, jenazah sudah 2 bulan lebih dititipkan, rencana jenazah akan dibawa ke Beijing melalui Pesawat Garuda” katanya.
Disinggung soal kenapa jenazah WNA China ini baru bisa dipulangkan? Dijelaskan Kombes Pol Soesilo dikarenakan jauhnya jarak tempuh dan prosedur yang harus dijalankan.
“Karena waktu perjalanan dari Beijing ke sini dan surat menyurat yang harus sesuai prosedur karena sejak adanya reformasi birokrasi yang membuatnya lama, seharusnya setelah di otopsi dan di-resume semuanya sudah tuntas” katanya. (ery)
Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.