Jalan Rusak Parah, Desa Hidup Baru Muaraenim Terisolir di Tengah Gemerlap Pembangunan

Jalan menuju Desa Hidup Baru, Kecamatan Benakat, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan belum tersentuh pembangunan, Rabu (24/11/2021).

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Warga Desa Hidup Baru, Kecamatan Benakat, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), seakan terisolir di tengah gemerlap pembangunan.

Read More

Kondisi menyedihkan ini terjadi lantaran kondisi jalan menuju desa ini masih belum tersentuh perhatian pemerintah.

Padahal, dalam setiap kesempatan warga selalu berjuang dengan keras dan bersuara lantang melalui Musrenbangdes, Musrenbang Kecamatan, Rakor, hingga reses anggota legeslatif Dapil I.

Begitu pun dalam kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pembangunan, masyarakat terus mengusulkan pembangunan insfrastrutur jalan mereka.

Tak hanya itu, bahkan Bupati terdahulu pernah berjanji bahwa tahun ini (2021 –red) perbaikan Jalan Desa Hidup Baru menjadi prioritas.

Akan tetapi faktanya sampai akhir tahun 2021 ini semua belum ada realisasi.

“Kami meminta penjelasan dari dinas terkait. Mengapa dalam APBD Induk atau ABT 2021 semua tidak ada realisasinya. Kami juga ingin menikmati akses jalan yang baik, seperti desa lain. Tetapi lagi-lagi harapan selalu tinggal harapan. Kita harus berjalan dengan becek-becekan di musim hujan dan berdebu di musim kemarau,” cetus salah satu warga Desa Hidup Baru yang enggan disebutkan namanya kepada awak media, Rabu (24/11/2021).

Nada kecewa diungkapkan juga Kepala Desa Hidup Baru Antoni terkait akses infrastruktur jalan dalam Desa Hidup Baru.

“Kita ini ujung tombak warga di desa. Selalu menjadi tempat bagi warga untuk menyampaikan keluhannya. Salah satunya selalu menginginkan akses jalan dalam desa yang lebih baik,” ungkap Antoni.

Antoni membenarkan Bupati terdahulu telah menjanjikan untuk memprioritas APBD induk dan APBD-P 2021 untuk peningkatan Jalan Desa Hidup Baru. Namun, hingga kini janji perbaikan jalan belum ada titik terang.

“Sudah pernah dijanjikan seperti itu, karena warga ingin menikmati bagaimana menjadi warga yang bisa menikmati infrastruktur di desanya yang baik. Sampai sekarang kita tidak tahu apa yang terjadi,” terangnya.

Terkait hal itu, kata Antoni, Pemdes Hidup Baru, selalu paling terdepan untuk memperjuangkan jalan desanya itu. Tapi ia mengaku heran kenapa tahun 2021 ini, seperti tidak ada perhatian sama sekali.

“Puluhan tahun kita dengan sabar menunggu perubahan. Walau sedikit demi sedikit. Paling tidak ada pembangunan jalan. Mohon Pak Pj Bupati saat ini, anggota DPRD Muaraenim dan dinas terkait. Kami menyentuh hati mereka, untuk senantiasa peduli dengan desa kita ini,” tambahnya.

Lebih lanjut Antoni mengatakan sangat kasihan dengan ribuan warga yang seakan terisolir. Keadaan seperti ini bukan hanya sebentar, tetap dari dahulu.

Untuk itu, warga berharap dapat diprioritaskan untuk meningkatkan jalan dalam desa Hidup Baru yang merupakan bagian dari Kabupaten Muara Enim.

“Kalau bicara sabar, kita harus sabar seperti apa lagi. Tidak seharusnya menurut kami. Anggaran demikian besar, satu meter pun tidak ada peningkatkan/perbaikan buat akses jalan Desa Hidup Baru, Benakat ini,” pungkasnya. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.