Jabat Kadinkes Ogan Ilir, Hendra Kudeta Komitmen Tingkatkan Layanan Kesehatan

Kepala Dinas (Kadinkes) OI, Hendra Kudeta

Laporan : Syakbanudin

Indralaya, Sumselupdate.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI), di bawah kepimpinan Panca Wijaya Akbar dan Ardhani baru saja melakukan perombakan pejabat yang ada di lingkungan Pemkab OI.

Bacaan Lainnya

Tak terkecuali, Kepala Dinas (Kadinkes) OI, juga kini dijabat oleh pejabat baru yakni Hendra Kudeta.

Sebagai pejabat yang baru saja dilantik oleh Bupati OI, Hendra Kudeta, saat ditemui Sumselupdate.com, di ruang kerjanya, Senin (7/6), mengatakan dirinya akan berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Ogan Ilir.

“Sesuai dengan amanah yang diberikan oleh Bupati Ogan Ilir (OI) dan Wakil Bupati Ogan Ilir, saya akan membenahi fasilitas kesehatan. Dimana di awal ini saya mulai melakukan pembenahan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Puskesmas di Bumi Caram Seguguk,” katanya.

Dari jumlah 25 Puskesmas yang ada di Kabupaten Ogan Ilir, lanjutnya, saat ini, hanya tinggal satu Puskesmas saja yang belum memiliki dokter umum yakni di Puskesmas Tambang Rambang.

“Dan dalam waktu dekat, kita akan tempatkan dokter yang ada di Puskesmas ini termasuk dokter gigi akan kita tambah,”ujar Hendra Kudeta seraya menambahkan pihaknya akan menempatkan apoteker di setiap Puskesmas yang ada.

Dikatakannya, untuk pembangunan infrastruktur sendiri, Hendra Kudeta juga sudah melakukan inventaris dan dari 25 Puskesmas yang ada sudah
cukup baik, hanya saja ada beberapa Puskesmas yang nantinya akan dilakukan rehab ringan.

Sementara untuk fasilitas kesehatan lain yang ada di Puskesmas, Hendra Kudeta menjelaskan masih bisa digunakan yang lama. Tapi pihaknya juga sudah menganggarkan dengan menggunakan dana DAK (Dana Alokasi Khusus) tahun 2022.

“Sebab saat kita menjabat sudah tahub berjalan,” ungkapnya.

Menyinggung tentang pelaksanaan vaksinasi Covid 19 di Kabupaten Ogan Ilir, Hendra Kudeta mengatakan untuk tenaga kesehatan (nakes) dosis I telah terlaksana sebanyak 102 persen, sedangkan untuk dosis II sebanyak 101 persen. Untuk lansia dosis I sebanyak 9,19 persen, dosis II sebanyak 6,58 persen, kemudian untuk pelayanan publik dosis I sebanyak 44,1 persen, dosis II sebanyak 23 persen.

“Kami juga akan melaksanakan vaksinasi massal khususnya di pedagang pasar, rencananya minggu depan di pasar Indralaya, dan dalam pelaksanaannya dengan tetap mengendepankan protokol kesehatan (prokes). Kami pun akan melakukan sweping khususnya di sektor
pelayanan publik bagi guru dan tim dari Dinas Kesehatan Ogan Ilir, akan menjemput atau langsung turun ke desa-desa,”paparnya.

Hendra Kudeta mengimbau kepada masyarakat agar dapat memahami dampak penyakit yang ditimbulkan dari Covid 19 dan dapat menerapkan pola hidup sehat dan 3M yakni menjaga jarak, mencuci tangan dengan air yang mengalir dan tidak berkerumun serta selalu berdoa. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.