Isu Pungli di Disdukcapil OKU Timur Mencuat, Kepala Dinas Katakan Hal Ini…

Jumat, 11 Oktober 2019
Sutikman, Kepala Disdukcapil OKU Timur.
Martapura, Sumselupdate.com – Isu yang sempat mencuat beberapa hari terakhir ini terkait pungli dilakukan oknum pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten OKU Timur, membuat Kepala Dinas Dukcapil angkat bicara.
Sutikman, Kepala Disdukcapil OKU Timur membantah isu yang beredar di masyarakat yang dicuitkan salah seorang pengguna media sosial terkait ada oknum pegawai melakukan pungli terhadap masyarakat dengan menjanjikan kepengurusan mencetak KK dan KTP dapat diselesaikan dengan cepat.
Sutikman menegaskan untuk tidak mudah percaya kepada orang yang mengaku mampu membuat data kependudukan seperti KK dan KTP, serta masyarakat juga diharapkan datang langsung ke Kantor Disdukcapil dan mengurusnya sendri.
“Jika dipelayanan ada oknum meminta uang, laporkan kepada saya, tidak usah sungkan, saya akan tindak tegas perihal tersebut,” tegas Sutikman, Jumat (11/1/2019).
Dirinya juga pernah memberikan sanksi tegas terhadap dua oknum pegawainya yang pernah melakukan pungli dengan cara memberhentikan dua orang tersebut. “Saya imbau kepada masyarakat untuk melapor jika ada lagi oknum melakukan pungli, supaya tidak ada lagi kesalahpahaman terkait hal ini,” ucapnya.
Ia juga menjelaskan untuk pembuatan dokumen kependudukan seperti kartu keluarga (KK) atau KTP di Kabupaten OKU Timur tidak dipungut biaya dan jika blangko KTP di Disdukcapil habis, maka akan diberi KTP sementara dan akan dicetak bila blangko telah siap.
“Bila stok blangko habis, otomatis KTP belum bisa kita cetak, sebab anggaran yang dialokasikan untuk blangko langsung dari pemerintah pusat, jadi kita tidak bisa mengajukan anggaran, oleh karena itu jika blangko habis maka akan kita cetak KTP sementara dan sifatnya resmi, bukan dari perangkat lain”, tuturnya.
Sutikman juga menjelaskan, pada Februari 2020 mendatang, dipastikan di Disdukcapil Kabupaten OKU Timur memiliki stok kuota yang mencukupi.
“Februari 2020 nanti stok blangko di OKU Timur, Insya Allah akan memenuhi kuota, dan cukup untuk melayani masyarakat dalam kepengurusan pencetakan KK dan KTP yang belum memiliki,” ujarnya. (mat)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.