Infrastruktur dan Pembangunan Kantor Desa Menjadi Prioritas di Musrenbang Kecamatan Belida Darat

Suasana Musrenbang di Kecamatan Belida Darat, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan yang digelar di Aula Kantor Camat Belida Darat, Kamis (6/2/2020).

Muaraenim, Sumselupdate.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020 di Kecamatan Belida Darat, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan, kembali digelar di Aula Kantor Camat Belida Darat, Kamis (6/2/2020).

Dalam Musrenbang yang mengangkat tema ‘Muaraenim Unggul Berdaya Saing’ itu dalam rangka penyusunan rencana pembangunan Daerah (RKPD) tahun anggaran 2021.

Bacaan Lainnya

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Belida Darat ini dihadiri Plt Bupati Muaraenim diwakili Kabag Pembangunan Kabupaten Muaraenim, Abdul Rozaq, ST, MT, Wakil Ketua DPRD Muaraenim Hadiono, SH, dan anggota DPRD Kabupaten Muaraenim Ahmad Fauzi, SH.

Suasana Musrenbang di Kecamatan Belida Darat, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan yang digelar di Aula Kantor Camat Belida Darat, Kamis (6/2/2020).

 

Turut hadir perwakilan Dinas Bapedda Kabupaten Muaraenim, Kapolsek Lembak Iptu Desi Azhari, SH, MSi beserta jajarannya, Komandan Koramil 404–01 Gelumbang Kapten Arh Mardin, SE beserta Babinsa.

Para kepala desa, dan BPD, ibu-ibu PKK se-Kecamatan Belida Darat, KUA, Kepala UPT Puskesmas Belida Darat, para kepala sekolah, posyandu, karang taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat Kecamatan Belida Darat, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Camat Belida Darat Maladi Musa, SSos, MSi mengatakan, Musrenbang Kecamatan Belida Darat merupakan lanjutan Musrenbang desa.

Menurut dia, prioritas utama dari Musrenbang ini adalah pembangunan insfratruktur jalan, sarana pendidikan seperti pagar sekolah dasar, dan ada tiga desa yang belum mempunyai kantor desa.

Sedangkan Kepala Dinas Bapedda Kabupaten Muaraenim Reni Arisandi AP, MSi menyampaikan Musrenbang kecamatan ini akan dibawa ke forum dan akan dibahas ke Musrenbang kabupaten nanti.

Saat ini menurut Reni, sudah terealisasi beberapa pembangunan jalan seperti jalan Desa Tanjung Bunut menuju Kantor Camat Belida Darat, jalan Desa Babat sampai Desa Beliung, juga banyak lagi usulan-usulan yang telah terlealisasi tahun 2019 lalu.

Sementara itu, Plt Bupati Muaraenim diwakili Kabag Pembangunan Kabupaten Muaraenim Abdul Rozaq, ST, MT mengemukakan, Musrenbang kecamatan setiap tahun digelar demi memantapkan serta memprioritaskan usulan-usulan yang akan dilanjutkan ke Musrenbang kabupaten nanti.

“Demi kelancaran pembangunan di wilayah Kabupaten Muaraenim ini marilah kita dukung dengan membayar pajak, karena pajak adalah salah satu penunjang pembangunan,” katanya.

Penandatanganan berita acara usai Musrenbang digelar.

 

Wakil DPRD Kabupaten Muaraenim Hadiono, SH menjelaskan, jika hasil Musrenbang ini akan menjadi acuan reses dan pokok-pokok anggota dewan untuk disinkronkan dengan program Bupati.

“Kami juga mempunyai usulan yang khusus yaitu pembangunan infrastruktur di Kecamatan Belida Darat ini agar sama dengan kecamatan lain, Karena Kecamatan Belida Darat ini baru,” tuturnya.

Musrenbang kecamatan ini dilanjutkan dengan arahan, saran, usulan dan tanya jawab, serta usulan-usulan baik tentang pembangunan dari jalan sampai insfratruktur serta kesehatan.

Kegiatan ditutup dengan penandatanganan berita acara oleh Camat Belida Darat, Setda Kabupaten Muaraenim, Wakil DPRD Kabupaten Muaraenim, Bapedda Kabupaten Muaraenim, Kepala Desa Talang Beliung, dan tokoh masyarakat. (vir)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.