Ikuti Seminar Virtual, Sinergi APKASI, Bangkitkan Ekonomi Hadapi Kritis di Tengah Pandemi

Webinar yang diadakan oleh APKASI berkolaborasi dengan LTKL, Rabu (2/9/2020).

Laporan : Syakbanudin

Kayuagung, Sumselupdate.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs H Antonius Leonardo, MSi, didampingi unsur dinas terkait mengikuti Seminar Virtual (baca: Webinar) yang diadakan oleh APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) berkolaborasi dengan LTKL (Lingkar Temu Kabupaten Lestari), Rabu (2/9/2020).

Bacaan Lainnya

Webinar ini mengambil tema: “MAJU: Ekonomi Lestari Jalan Terus”, dengan tujuan membahas beragam topik lintas sektor yang berkaitan dengan langkah-langkah yang bisa diambil oleh Pemerintah Daerah dalam menghadapi krisis bencana yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 serta bencana alam lainnya.

“Dalam menghadapi pandemi Covid-19 setiap daerah dituntut inovatif menelurkan kebijakan-kebijakan yang mendorong kemajuan ekonomi. Penataan ekonomi juga harus dikondisikan sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing,” ujar Sekjen APKASI Prof Dr Ir HM Nurdin Abdullah, M Agr, dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi Webinar tersebut.

“Sinergitas yang baik oleh semua pihak, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Swasta, Masyarakat Sipil, Akademisi, Praktisi dan para Ahli serta kaum muda menjadi kunci menghadapi pandemi Covid-19.

Dalam forum ini menjadi ajang refleksi, bertukar pikiran dan pengalaman untuk mencari langkah solutif agar kita bisa bertahan menghadapi situasi krisis seperti sekarang,” sambungnya.

“Terima kasih kepada Bapak Ibu Bupati, Narasumber dan peserta webinar baik dari Pemerintah Nasional, Pemerintah Kabupaten selaku APKASI dan LTKL, Mitra Pembangunan, Masyarakat sipil, sektor swasta, komunitas lokal serta media penyelenggara yang telah memberikan dukungan dan mengikuti acara ini secara virtual. Kami siap untuk terus bergotong-royong dan berkontribusi pada target nasional Indonesia untuk menciptakan daerah yang berdaya saing dan tangguh bencana melalui pembangunan lestari,” tutupnya.

Webinar ini menghadirkan beberapa pembicara yang mempunyai kompetensi di bidangnya masing-masing di antaranya Pakar Etika Lingkungan Hidup Dr A Sonny Keraf serta banyak lagi narasumber lainnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda OKI Dr H Antonius Leonardo, MSi, di sela-sela acara mengungkapkan bahwa kolaborasi antar pemerintah daerah seluruh Indonesia sangat dibutuhkan, terutama dalam menghadapi pandemi Covid -19 ini. Semua pihak harus saling bahu-membahu bangkit dari krisis, bersama-sama songsong adaptasi kenormalan baru, bangkitkan lagi gairah ekonomi masyarakat di tengah pandemi tanpa abai dengan protokol kesehatan. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.