Hj Lindasari Iskandar Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana 2021

Laporan : Syakbanudin

Kayuagung, Sumselupdate.com – Selayaknya pribahasa bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses. Berkat kerja kerasnya menjalankan Program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ogan Komering Ilir Hj Lindasari Iskandar berhasil menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) 2021 dari Kepala BKKBN Republik Indonesia, Hasto Wardoyo.

Bacaan Lainnya

Penghargaan tersebut diberikan kepada Hj Lindasari atas prestasi yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana untuk Terwujudnya Keluarga Berkualitas dan Penduduk Tumbuh Seimbang (Program Bangga Kencana).

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru yang berkesempatan menyerahkan penghargaan tersebut dalam sambutannya mengatakan bahwa Bupati/Walikota serta Ketua Tim Penggerak PKK mempunyai peran penting dalam Program Bangga Kencana.

“Bupati dan walikota teristimewa ketua TP PKK, teruslah berjuang di lapangan, karena bapak-ibu adalah dirijen, semuanya tergantung alunan tangan bapak ibu sekalian, insya allah semua program akan berjalan dengan cepat,” ujar Gubernur usai menyerahkan Penghargaan sekaligus membuka Rakerda Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang diselenggarakan di Hotel Harper Palembang, Kamis (10/3/2022).

Gubernur mengungkapkan bahwa tantangan terbesar yang saat ini dihadapi adalah penanggulangan kasus stunting.

“Kasus stunting menjadi perhatian kita semua, penanggulangan harus dimulai sedari dini, saat masa perencanaan perkawinan, harus ada pendampingan bagi para calon pasangan, ini semua yang menjadi perhatian kita,” tegasnya.

Ketua TP PKK Kabupaten OKI Hj Lindasari usai menerima penghargaan tersebut mengatakan bahwa TP PKK OKI terus mengupayakan dan berkomitmen penuh mendukung program Bangga Kencana yang dicanangkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Selama ini TP PKK bersama Penyuluh Keluarga Berencana dan Kader KB berjalan beriringan dan harmonis dalam menyukseskan program tersebut di lapangan. Jadi kalau BKKBN punya 8 fungsi keluarga, PKK juga punya 10 program PKK. Kegiatannya sama, dan kita saling mendukung,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas PPKB OKI HM Lubis, SKM, MKes yang juga hadir dalam acara tersebut menjelaskan, TP PKK sangat berperan dalam pembangunan program Bangga Kencana terkait pembinaan yang diberikan terhadap keluarga di pedesaan melalui Kelompok Dasawisma yang telah digerakkan bersama jajaran DPPKB dalam rangka mengedukasi masyarakat untuk ber-KB dan jangan sampai putus dalam penggunaannya.

“Dalam kolaborasi Kesatuan Gerak PKK, Bangga Kencana, dan Kesehatan bersama-sama memberikan pemahaman tentang 10 program pokok PKK di kampung KB dan junga membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” ucapnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.