Hati-hati, Marak Sales Politik Jelang Pilkada 

Foto ilustrasi

PALI, Sumselupdate.com-Maraknya ‘sales politik’ menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tanggal 9 Desember 2020, membuat sejumlah masyarakat angkat bicara.

Seperti yang diutarakan Gino, warga asal Kelurahan Talang Ubi Selatan, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Ia mendengar istilah sales politik belum lama ini.

Bacaan Lainnya

“Saya pernah terbaca di media massa tentang sales politik yang berkeliaran ke rumah-rumah warga. Kemudian meminta data diri terus menjanjikan akan menerima uang dari salahsatu kandidat pasangan calon (paslon). Dan saya baca juga di Kabupaten Musirawas, sales politik itu sudah ada yang diperiksa Bawaslu setempat,” kata Gino.

Saya berharap, Pilkada PALI berlangsung aman, damai dan tanpa menggunakan politik uang.

“Jika ada paslon yang nekat menggunakan sales politik tersebut yang mana nantinya akan terjadi money politik. Maka, saya takutkan pemimpin tersebut tidak amanah. Dan cenderung akan mengembalikan modal mereka terlebih dahulu. Kalau pemodalnya dari seorang cukong, maka dikhawatirkan juga akan terjadi ‘sandera politik dan kebijakan’ terhadap daerah,” tukasnya.

Sementara itu, Firdaus Hasbullah, tokoh masyarakat asal Kecamatan Abab menyesalkan jika ada sales politik seperti yang terjadi di Kabupaten Musirawas.

“Mereka (sales politik-red) mendatangi rumah-rumah penduduk dengan menjanjikan politik uang. Harusnya mereka bersosialisasi dengan menawarkan program paslonnya. Kita awasi Kabupaten PALI agar tidak ada hal seperti ini,” jelas Firdaus.

“Apalagi Kabupaten PALI, memiliki jumlah penduduk yang sedikit. Kabupaten dengan penduduknya sedikit akan mudah terdeteksi kalau ada sales politik uang yang datang. Mudah-mudahan tidak terjadi di kabupaten yang kita cintai ini,” tutupnya. (adj)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.