Hari Raya Idul Adha, Warga PALI Memilih Berdiam Diri di Rumah

Suasana Jalan Merdeka Ibukota PALI tampak lenggang saat Idul Adha.

PALI, Sumselupdate.com – Seiring dengan adanya himbauan dari Kapolres PALI untuk tidak menggelar shalat Ied, karena penyebaran virus corona masih tinggi di wilayah Bumi Serepat Serasan, mengakibatkan suasana perayaan cenderung sepi. Bahkan, tampak sejumlah jalan raya cukup lengang.

Pantauan awak media, sejak Senin (19/7/2021) malam, suara takbiran sangat minim terdengar. Bahkan memasuki hari H, yakni Selasa (20/7/21) sebagian besar masjid di ibukota Kabupaten PALI tidak melaksanakan shalat Ied.

Read More

Warga memilih tinggal di rumah terlebih, cuaca di Kabupaten PALI sejak Selasa pagi pun terlihat mendung. Sesekali memang turun hujan, menambah sepinya suasana lebaran kurban tahun 2021 ini. Bahkan aktivitas silaturrahmi yang menjadi tradisi masyarakat tidak nampak.

“Kami milih di rumah saja, takut keluarga kami terpapar virus corona. Sebab kami lihat di berita, penyebaran kasus Covid-19 terus meningkat bahkan PALI menjadi salah satu daerah yang diusulkan diperpanjangnya PPKM,” ujar Egen, salah satu warga Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi.

Sama halnya diutarakan Herman, juga warga Kecamatan Talang Ubi yang mengaku, di lingkungannya tetap menggelar shalat Idul Adha secara berjamaah. Dirinya hanya mengikuti shalat berjamaah dari luar masjid, walaupun panitia menerapkan protokol kesehatan cukup ketat.

“Walaupun ada shalat Idul Adha, tapi sepi jamaah. Mungkin kesadaran masyarakat untuk menekan penyebaran Covid-19 sudah meningkat, karena di PALI, angka kematian yang diduga terkena virus corona hampir tiap hari terjadi. Kami pun setelah ikuti shalat berjamaah langsung berdiam diri di rumah,” katanya.

Sementara itu, Kapolres PALI AKBP Rizal Agus Triadi pada Hari Raya Idul Adha bekerja sama dengan MUI, mengumpulkan sejumlah pengurus masjid agar tidak menggelar shalat Idul Adha berjamaah dan menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan penyembelihan hewan qurban.

“Untuk penyembelihan hewan kurban diperbolehkan asalkan menerapkan protokol kesehatan dan melaksanakan penyembelihan di ruang terbuka agar tidak terjadi kerumunan. Mudah-mudahan saja, dengan berkah hari raya Idul Adha ini pandemi corona bisa cepat berlalu,” harap Kapolres. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.