Hari Ini, Jembatan Musi IV Palembang Mulai Diujicoba Selama Dua Hari

Jembatan Musi IV di Kota Palembang, Sumsel mulai diujicoba selama dua kali 24 jam.

Palembang, Sumselupdate.com – Jembatan Musi IV di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan mulai diujicoba selama dua kali 24 jam. Ujicoba ini untuk memastikan kesiapan jembatan sebelum digunakan secara resmi beberapa waktu kedepan.

PPK Satker Jembatan Musi IV Suwarno mengatakan, ujicoba selama dua kali 24 jam untuk memastikan kesiapan jembatan baik kesiapan jembatan maupun kesiapan jalur lalulintas yang ada di sekitar.

Bacaan Lainnya

“Hari ini kita lakukan ujicoba, hal ini penting guna memastikan kesiapan jembatan secara umum,” katanya, Kamis (3/1/2019).

Lebih lajut ia menyampaikan dalam ujicoba ini, pihaknya melibatkan jajaran kepoklisian, Dishub, dan Pol PP, yang kemudian untuk mendapatkan info dari masing-masing fungsi.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian, dan Operasional Dishub Kota Palembang, Marta Edison mengatakan, ujicoba Jembatan Musi IV mulai dilakukan, Kamis (3/1) mulai pukul 07.00.

Jembatan yang menghubungkan Ulu tepatnya di Jalan Slamet Riyadi dan bagian Ilir Jalan KH Azhari Plaju ini akan dibuka untuk umum selama 24 jam.

Marta Edison mengatakan, rencana pengaturan arus lalu lintas dilakukan dua arah saat pengoperasian Jembatan Musi IV.

Puluhan personel akan disebar di tujuh titik.  Untuk wilayah Ulu di Naga Swidak, Pasar Pocong dekat kuburan, Tangga Takat dan pintu turun jembatan. Untuk Ilir di Boom Baru, pintu masuk Jalan Slamet Riyadi dan Pasar Kuto.

“Titik-titik ini kita perkirakan akan terjadi penumpukan karena itu kita siagakan petugas kita untuk mengatur yang dibantu oleh Pol PP dan kepolisian,” katanya.

Dalam uji coba ini, masyarakat perlu memperhatikan jalur pengendara dari arah Jalan Slamet Riyadi menuju Jembatan Musi IV turun ke Jalan KH Azhari hingga ke Jalan A Yani.

Lalu dari Jalan A Yani jika ingin melalui Jembatan Musi IV menuju Jalan Telaga Swidak dan belok kiri ke Jalan KH Azhari naik ke atas menuju Jembatan Musi IV.

Rekayasa yang akan dilakukan yaitu untuk Jalan KH Azhari mulai dari Simpang Telaga Swidak hingga Simpang tiga Plaju akan dibuat satu arah.

Kemudian, Jalan Telaga Swidak menuju Jalan KH Azhari juga dibuat satu arah. Sehingga kondisi jalan seperti melingkar mulai dari Jalan KH Azhari ke Jalan A Yani dan menuju Jalan Telaga Swidak.

Hal ini diberlakukan agar tidak terjadi penumpukan, mengingat jalan tersebut kecil hanya 5.5 meter.

Marta mengatakan uji cobaa Musi IV ini menggunakan skenario pertama. Dimana ini dibuka dengan dua jalur.

“Untuk uji coba besok (hari ini,red) kita gunakan skenario pertama yakni jalur kanan kiri dibuka. Nah setelah itu kita akan evaluasi hasilnya,” jelasnya.

Jika skenario pertama ini krodit (macet), maka dilakukan skenario kedua yakni dengan memberlakukan sistem satu arah secara bergantian. “Rencana juga ada yang gabungan yakni mengabungkan skenario satu dan skenario dua,” katanya.

Marta menjelaskan, pagi pukul 06.00 sampai pukul 09.00 menggunakan skenario 2 yakni satu arah. Lalu skenario 1 yakni dua arah pagi ke siang pukul 09.00 sampai 15.00.

Lanjut pukul 15.00 sampai 19.00, skenario 2 satu arah dan dua arah malam hari pukul 19.00 sampai 06.00.

Uji coba ini sendiri akan dilakukan selama dua hari, 3 hingga 4 Januari 2019. Pihaknya menerjukan sebanyak 70 personil yang dilibatkan untuk mengatur jalan selama uji coba ini. (adi)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.