Harga Tes PCR di Lahat Resmi Turun Dari Rp525 Ribu Menjadi Rp300 Ribu

Seorang warga Lahat melakukan tes PCR.

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Harga tes PCR di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) resmi turun.

Read More

Kepala UPTD Labkesda Lahat Joko Kadarminto. mengatakan, turunnya harga tes PCR ini berdasarkan surat edaran dari Dirjen Pelayanan Kesehatan RI, tentang batas tertinggi harga tes PCR di daerah Sumatera sebesar Rp300 ribu per sekali tes.

“Melalui surat edaran itu, kami UPTD Labkesda Lahat juga mengikuti edaran itu, yakni menurunkan tarid PCR, yang sebelumnya seharga Rp525 ribu untuk sekali tes, penurunan itu berlaku sejak 28 Oktober 2021,” kata dia, Minggu (31/10/2021).

Joko menuturkan, untuk keperluan trakcing Covid-19, tes PCR tetap gratis, begitupun dengan keperluan perjalanan dinas pegawai pemerintah, pihaknya mengupayakan agar diberikan secara cuma-cuma.

“Kami sebenarnya ingin gratis bahkan diberikan untuk masyarakat umum, karena pada kondisi saat ini, harga Rp300 ribu dirasa masih cukup berat untuk masyarakat umum. Kalau peruntukannya, tes PCR berbayar diberikan kepada tes mandiri, biasanya pegawai perusahaan,” tuturnya.

Joko mengungkapkan, pihaknya bisa memberi subsidi karena ada bantuan reagen dari Balitbangkes, sehingga biaya bahan baku tes PCR dapat ditekan hingga ke batas minimal.

“Memang harga reagen ini mahal, seperti ekstraksi Rp225 ribu untuk satu kali pemeriksaan, bahan habis pakai Rp125 ribu dan reagen PCR Rp175 ribu, kalau ditotal modalnya saja mencapai Rp525 ribu. Namun karena kita ada bantuan reagen PCR dari pusat, jadi harga bisa diturunkan sesuai dengan edaran Kemenkes,” ujar dia.

Sementara itu, Indah pengguna pelayanan PCR secara mandiri mengaku, penurunan harga PCR dirasa sangat berguna.

“Memang sangat terasa penurunannya, karena lebih dari 50 persen turunnya. Namun kalau bisa, digratiskan saja PCR-nya atau paling tidak setara dengan tes antigen, agar dapat meringankan kami selaku pengguna tes PCR untuk berbagai keperluan,” pungkasnya. (**).

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.