Harga Kopi Di Empat Lawang Tembus 35 Ribu, Petani Bergairah

Senin, 5 Juni 2023

Laporan; Mutakim Alparizi

Tebing tinggi, Sumselupdate.com- Harga kopi di Kabupaten Empat Lawang saat ini tembus mencapai Rp 35 ribu per kilogram naik jauh dari harga sebelumnya hanya Rp 25 ribu per kilogram nya.
Tentunya dengan harga tinggi itu, membuat petani kopi di bumi Saling Keruani Sangi Kerawati bergairah.
Rukmini (50) salah satu petani kopi mengatakan, harga kopi saat ini terbilang cukup tinggi. Sehingga membuat dirinya dan petani kopi lainya merasa senang. “Alhamdulillah baru kali ini kopi harganya sangat mahal mencapai 35 ribu rupiah per kilogramnya,” katanya, Senin (5/6/2023).
Ia menjelaskan, tanda tanda mulai membaiknya harga kopi ditingkat petani ini mulai dirasakan dua minggu terakhir ini. Tentunya membuat petani bergairah kembali. Dan berharap harga kopi tidak mengalami penurunan kembali.
“Harga jual ditingkat petani yang mengalami peningkatan ini. Tentunya tentunya berdampak pada perekonomian para petani. Hal ini juga memacu mereka untuk lebih giat bekerja setelah sempat lesu karena harga tak kunjung membaik, sementara pengeluaran biaya pengolahan dan perawatan kebun cukup besar,” bebernya.
Sementara itu Adi salah satu toke kopi di Empat Lawang mengatakan, jika dirinya membeli kopi dengan petani langsung, lalu dijual kembali ke toke besar di daerah provinsi Lampung.“kita beli dari petani harga 35 ribu. Lalu dijual kembali ke pengepul atau pabrik seharga 36 ribu rupiah,” ujarnya. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.