Harga Daging Turun, Ikan-Udang Cenderung Naik

Ilustrasi Penjual Daging

Baturaja, Sumselupdste.com – Sempat melambung tinggi di atas Rp160 ribu per kilogram menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H kemarin, kini pasca hari raya harga daging kembali normal berkisar Rp120 ribu per kilogram.

Medi seorang pedagang daging di Pasar Atas Baturaja mengatakan, penurunan ini sudah terjadi sejak beberapa terakhir. Namun sayangnya meski harga daging turun jumlah pembeli tidak meningkat.

Bacaan Lainnya

“Penjualan tidak meningkat. Bahkan sepertinya pasca lebaran, masyarakat bosan makan daging,” ujar Medi, Minggu (2/7/2017).

Sama halnya dengan Ibrahim, pedagang daging lainnya. Pasca lebaran ini untuk menjual daging ia seakan melamun saja. Beda dengan penjualan tulang, dengan harga jual Rp90 ribu – Rp100 ribu per kg pembeli lumayan banyak.

“Kalau beli daging sepi. Kalau tulang lumayan. Perbandingannya cukup drastis. Pasca lebaran ini tulang cukup diminati, bahkan ia bisa menjual belasan kilogram per hari,” ucapnya.

Pantauan di lapangan pasca hari raya Idul Fitri, harga sembako di pasaran mulai normal. Seperti telur sudah mengalami penurunan dari Rp20 ribu per kg saat ini Rp19 ribu per kg.

Harga ayam potong dari Rp40 ribu per potong ukuran besar, saat ini turun menjadi Rp30 ribu per potong untuk ukuran sedang berkisar Rp27 ribu per potong.

Berbeda dengan harga ikan dan udang cenderung mengalami peningkatan. Harga Udang berkisar Rp120 ribu per kg. Sementara ikan patin Rp30 per kg. Harga ikan lele Rp20 ribu per kg. Gurami berkisar Rp25 ribu sampai Rp30 ribu per kg. (wid)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.