H-3 Lebaran, Pagaralam Mulai Dipadati Pemudik

Kondisi jalan protokol di Kota Pagaralam yang dipadati kendaraan

Pagaralam, Sumselupdate.com — Meningkatnya arus kendaraan di Pagaralam mulai terasa dalam sepekan terakhir. Pada H-3 lebaran Idul Fitri 1440H/2019M, ratusan kendaraan berdatangan dari berbagai penjuru masuk ke kota ini.

Pantauan di lapangan, kendaraan yang masuk tidak hanya bus antar kota baik Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) saja, tapi termasuk pula sejumlah mobil travel pun menambah armadanya.

Bacaan Lainnya

Menurut Haidir Murni, salah seorang pengusaha jasa Travel Ratu Agung jurusan Jakarta-Lampung-Pagaralam dan Travel Gautama jurusan Palembang-Pagaralam mengakui adanya penambahan penumpang itu.

“Memang ada penambahan penumpang. Kalau biasanya kami hanya memberangkatkan dua armada atau paling banyak empat armada per hari. Sementara memasuki masa liburan kali ini kami bisa memberangkatkan sampai empat armada,” kata Haidir, Sabtu (1/6/2019).

Ditambahkan Marlon, pengurus loket bus Sinar Dempo jurusan Pagaralam – Jakarta – Yogya pun mengakui peningkatan penumpang sampai tiga kali lipat.

Kondisi jalan protokol di Kota Pagaralam yang dipadati kendaraan

Ia mengatakan, penambahan penumpang sejauh ini terutama untuk kedatangan dan untuk yang berangkat belum begitu banyak. Kendati demikian, kondisi seperti itu tidak hanya angkutan umum saja yang ramai, tetapi pengguna kendaraan pribadi baik roda dua atau roda empat juga banyak yang berdatangan.

“Saat ini banyak mobil atau sepeda motor bernomor polisi luar Sumsel berseliweran di Pagaralam hingga menimbulkan kemacetan di beberapa titik seperti di seputaran Pasar Dempo Permai yang sehari-harinya sudah macet menjadi semakin macet. Kemudian di jalur Simpang Asam – Depan Masjid Agung hingga Simpang Jalan Gunung Dempo pun kian macet terutama pagi dan sore hari,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Kota Pagaralam, AKBP Tri Saksono Puspo Aji melalui Kasatlantas AKP Hisanul Baroya mengatakan, peningkatan jumlah kendaraan memang sudah terasa sejak H-7 lebaran. Kendati demikian, guna mengantisipasi hal tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait di Pemkot Pagaralam mulai dari Dishub, TNI, Sat Pol PP dan Dinas Kesehatan.

“Meningkatnya angka pemakai jalan terjadi sejak H-7 lebaran. Kita telah menyiagakan lima posko disejumlah titik di penjuru Pagaralam sebagai bagian dari Operasi Ketupat 2019,” paparnya seraya mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dan membantu kelancaran arus mudik tahun ini. (Ric)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.