Facebook Hampir Membuat Smartphone Sekelas Iphone

Jumat, 25 Maret 2016
Kantor Pusat Facebook

Cupertino, Sumselupdate.com – Tahukan Anda, ternyata Facebook pernah nyaris membuat ponsel dengan desain dan spesifikasi memukau pada 2010 lalu. Sayangnya, perangkat tersebut urung terwujud lantaran kekurangan dana.

Setidaknya hal tersebut yang dikatakan mantan pemimpin bisnis Facebook Chamath Palihapitiya. Saat ini ia menjadi investor di perusahaan modal ventura Social Capital.

Bacaan Lainnya

Menurut Palihapitiya, ponsel buatan Facebook dirancang selama kurang lebih setahun. Tim kala itu berisi orang-orang terbaik Facebook dengan kreativitas yang terus mengucur.

“Saya meyakinkan mereka bahwa selain mengembangkan software, hardware juga perlu diperkuat,” kata dia, sebagaimana dilaporkan Recode dan dihimpun KompasTekno, Jumat (25/3/2016).

Hanya saja, Palihapitiya gagal meyakinkan sang pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Padahal, kata dia, Intel dan AT&T sudah bersedia bermitra untuk mewujudkan rencana tersebut.

“Saya membuat Zuckerberg susah untuk setuju,” kata dia. “Facebook harus mengeluarkan duit 1 miliar dollar AS (Rp 13,3 triliun) untuk merealisasikan ide itu,” ia menambahkan.

Palihapitiya yakin, jika ponsel Facebook meluncur kala itu, popularitas dan kinerjanya akan serupa dengan iPhone buatan Apple. Namun, saat ini tentu sulit membuktikan keyakinan Palihapitiya. Dulu juga pernah HTC membuat ponsel Facebook namanya HTC Cacha, namun kurang berhasil di pasar. (adm3)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.