Enos Kukuhkan Pengurus Dekranasda OKU Timur

Laporan Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Bupati OKU Timur H Lanosin ST secara langsung mengukuhkan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten OKU Timur masa bakati 2021-2026.

Read More

Pengukuhan ini sekaligus rapat kerja daerah Dekranasda Kabupaten OKU Timur, yang dìlaksanakan gedung Balai Rakyat Pemkab OKU Timur, Kamis (9/12/2021).

Ketua Dekranasda OKU Timur dr Hj Sheila Noberta Lanosin SpA MKes mengatakan, Dekranasda merupakan mitra kerja pemerintah.

Untuk itu, kedepan kehadiran organisasi ini perlu bersinergi dengan berbagai pihak, teruma apemerintah dan pihak swasta.

Kemudian, Deskranasda juga merupakan organisasi kemasyarakatan yang memiliki misi untuk melestarikan nilai-nilai budaya daerah, berupa produk kerajinan berbasis kearifan lokal.

“Kita memiliki aneka ragam adat istiadat serta seni budaya bahasa. Untuk itu hadirnya Dekranasda ini dìharapkan bisa mendukung kemajuan sumber daya berkembangnya kreativitas, kerajinan dan produk-produk lokal,” ucap Sheila.

Sheila melanjutkan, Kabupaten OKU Timur memiliki potensi kerajinan yang tersebar hampir seluruh wilayah desa.

Ia mencontohkan, OKU Timur memiliki pengrajin songket dan kain angkinan, dì Desa Gunung Batu. Serta pengrajin anyaman purun Desa Betung, namun saat ini belum tersentuh secara optimal.

Selain itu, saat ini Kabupaten OKU Timur belum memiliki Anjungan Deskranasda dì Jakabaring Palembang.

“Kami meminta kepada pak Bupati agar dapat membangun Anjungan. Hal ini agar produk-produk, bidaya dan kerajinan asal OKU Timur bisa dìkenalkan dan dipasarkan keluar daerah,” harapnya.

Menanggapi keininginan Ketua dan pengurus Dekranasda ini, Bupati OKU Timur H Lanosin ST sangat mendukung pembangunan anjungan tersebut.

Bahkan, Bupati Enos sapaan akrabnya menyanggupi dan segera membangun anjungan dì Jakabaring, Palembang.

“Yang jelas tahun depan kita bangunkan Anjungan Deskranasda di Jakabaring. Ini bentuk dukungan Pemkab OKU Timur dalam memajukan kerajinan lokal kita,” ungkap Bupati OKU Timur Enos.

Enos berharap kepada Pengurus Deskranasda yang baru dìlantik bisa membawa kerajinan dan keterampilan asal Kabupaten OKU Timur dìkenal masyarakat, bahkan skala nasional dan internasional.

“Selamat atas dìlantiknya pengurus Dekranasda OKU Timur, tetap amanah dalam mengemban tugas dan lebih bermanfaat bagi masyarakat OKU Timur seutuhnya,” ucapnya.

Usai melantik, Bupati dan Ketua Deskranasda bersama pengurus langasung meninjau keterampilan dan kerajinan yang ditampilkan dalam pameran tersebut. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.