E-Hac Jadi Syarat Mudik Pakai Pesawat, Penumpang Tetap Meningkat

Situasi Bandara SMB II Palembang.

Palembang, Sumselupdate.com – Aturan mudik sudah ditetapkan pemerintah pusat. Meskipun demikian nampaknya hal itu tak jadi kendala bagi para pemudik.

Aturan pemudik harus sudah vaksin booster, dan bagi pengguna pesawat harus punya aplikasi PeduliLindungi dan e-hac. Aturan ini tidak mengganggu jadwal keberangkatan dan kedatangan. Terlihat dari aktivitas di bandara justru mengalami peningkatan sepanjang ramadhan 2022.

Read More

Kenaikan aktivitas keberangkatan dan kedatangan di Bandara saat bulan puasa turut berdampak pada mobilitas di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, Tommy Ariesdianto mengatakan, pergerakan pesawat mencapai 23 hingga 24 penerbangan. Padahal sebelumnya hanya berkisar 17 hingga 18 pesawat.

“Penerbangan selama bulan puasa ini mulai meningkat. Sekarang semua maskapai telah beroperasi,” katanya.

Adanya perkembangan aktivitas penerbangan di Bandara SMB II Palembang juga memengaruhi  prioritas keamanan dan kenyamanan. Pihaknya memastikan semua penumpang mendapatkan fasilitas dan layanan terbaik.

“Seperti kami memastikan tidak ada genangan air di landasan terbang dan penumpang diberikan fasilitas maksimal,” katanya.

Selain itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, saat ini lantai 3 di Bandara SMB II Palembang dijadikan ruang tunggu penumpang yang sebelumnya hanya disediakan untuk calon jemaah umroh.

Fasilitas lain yang disediakan oleh PT. Angkasa Pura II adalah menyediakan game station agar penumpang tidak bosan, fasilitas UMKM di ruang tunggu dan di air port plaza dan menyediakan hand sanitizer serta penyemprotan disinfektan.

“Penumpang diharapkan sudah ada di Bandara sejam atau 2 jam sebelum keberangkatan dan  penumpang sudah mendownload system ehac serta menyiapkan persyaratan kesehatan untuk terbang,” katanya.

Berdasarkan aturan penerbangan baru yang ditetapkan menteri perhubungan, bagi calon penumpang pesawat harus vaksin tiga kali dan jika baru dosis 1 harus test PCR dan berlaku 3X24 jam.

“Untuk vaksin kedua test antigen, berlaku 1×24 jam atau PCR 3×24 jam bagi anak-anak cukup didampingi orang tua. Sekarang load factor penerbangan bagus, full, kapasitas tempat duduk terisi 90 hingga 100 persen,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.