Dorong Transparansi Tata Kelola Dana Desa, Ini yang Dilakukan Pemkab OKI

Suasana pelatihan Siskeudes Pemkab OKI di Hotel Garudamas Palembang, Senin (17/02/2020).

Kayuagung, Sumselupdate.com – Salah satu hal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) dalam hal mendorong terwujudnya tata kelola keuangan desa yang transparan, akuntabel, ekonomis, efektif, akurat dan berkualitas.

Pemkab OKI melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) telah meluncurkan Sikeudes atau Sistem Keuangan Desa online. Sistem digital untuk desa agar tertib dalam pengelolaaan serta perencanaan penggunaan keuangan desa.

Dengan menggandeng BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Pemkab OKI, menggelar pelatihan SISKEUDES versi (2.0.2) di Hotel Garudamas Palembang, Senin (17/02/2020).

“Sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018, Permenkeu Nomor 205/PMK.07/2019, dan Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 Pemkab OKI menyelenggarakan pelatihan SISKEUDES yang diikuti oleh Tenaga ahli tingkat Kabupaten OKI, Kecamatan, dan Operator Desa dengan tujuan agar dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman dalam mengoperasikan aplikasi sistem keuangan desa versi 2.0.2 yang terbaru ini,”ujar Kepala Dinas PMPD OKI diwakili Sekdin PMPD OKI Kanapi, SSos dalam laporannya saat membuka kegiatan pelatihan tersebut.

Dia berharap melalui aplikasi sistem keuangan desa tersebut, nantinya dapat dilaksanakan dalam perencanaan dan pelaporan keuangan desa yang berbasis teknologi yang bersifat efisien, efektif, serta tepat waktu dalam pelaksanaan Keuangan Desa di Kabupaten OKI Tahun 2020.

Sementara Bupati OKI melalui Staf Ahli Bidang Pembangunan H. Fahrul Rozi, SSos, MM, mengungkapkan operator desa memiliki peran strategis dalam mengelola keuangan desa untuk itu harus bersinergi dengan seluruh pihak di pemerintahan desa.

“Saya berharap agar peserta pelatihan pengembangan aplikasi sistem keuangan desa ini nantinya dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik sampai selesai sehingga pengetahuan dan pemahaman dalam pengoperasian Aplikasi SISKEUDES dapat terserap dengan baik sehingga terwujud pengelolaan keuangan desa dan keuangan daerah yang berkualitas dan sesuai peraturan perundang-undangan terlebih OKI yang pertama menerapkan SISKEUDES di Sumsel,” sambungnya.

Hadir dalam acara ini Pengendali Teknis BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan Hamid Yamin, SE, MM, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Setda OKI H Fahrul Rozi, SSos, MM, Sekdin PMPD OKI Kanapi, SSos, serta peserta operator dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa di Kabupaten OKI. (ban)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.