Dirut PT PIL Prediksi Mobil Maung Dikirim dari Bandung ke Jakarta Secara Parsial

Kamis, 28 September 2023
Mobil Maung buatan PT Pindad. (Dok. Istimewa)

Laporan Muhammad Fadhli

Bandung, Sumselupdate.com – Direktur Utama PT Pindad International Logistic (PT PIL) Suresh Ferdian melalui Direktur Perencanaan dan Pemasaran, Galih Nurbuana pada Kamis (28/9/2023) di Bandung menjelaskan mekanisme pengiriman ribuan unit Maung pesanan Kementerian Pertahanan RI.

Kemungkinan pengiriman bakal dilakukan secara parsial lantaran kebutuhan yang banyak dan sangat tak mungkin dilakukan pengiriman sekaligus.

Suresh Ferdian juga mengatakan, kapasitas produksi bisa dengan dua metode, yakni dengan towing atau membawa sendiri dari Pindad (Bandung) ke Jakarta.

Advertisements

“Insya Allah kami sangat siap sebab didukung vendor-vendor rekanan lama kami,” ungkapnya.

Suresh Ferdian mengakui pesanan unit Maung yang jumlahnya 5000 tidaklah sedikit sehingga pasti ada keterbatasan unit pengiriman.

Untuk itu, pihaknya akan bersinergi dengan rekanan lama mereka untuk proyek ini.

“Untuk pola pengirimannya, pasti kami menunggu arahan apakah terpusat semua ke Kemenhan baru didistribusikan, atau ke Kemenhan sebagian dan sisanya ke wilayah. Yang jelas, sampai sekarang kami menunggu arahan,” kata Suresh Ferdian.

Lebih lanjut Suresh Ferdian mengatakan, kendaraan Maung buatan Pindad memiliki spek mobil tempur. Maung memiliki singkatan, yakni manusia unggul.

Bahkan, nama Maung itu secara langsung diberikan Prabowo Subianto yang berharap Maung bisa menjadi sarana prasarana yang bisa diunggulkan.

“Maung itu hadir untuk melengkapi negara yang notabene kepulauan besar dan enggak akan selesai dengan jalan kaki. Jadi, untuk di darat salah satunya Maung hadir,” kata Suresh Ferdian.

Mereka akan berkoordinasi tentunya dengan pihak terkait untuk pengiriman Maung ke lokasi yang rawan. Pengamanan dari Kodam, Kodim, sampai Kepolisian agar bersinergi mengawal dari pabrik sampai tujuan dengan aman.

“Kami memohon maaf kepada masyarakat bila perjalanan saat pengiriman Maung terganggu, khususnya masyarakat Bandung dan Jakarta, juga wilayah lainnya. Kami minta izin gunakan jalur untuk sementara,” kata Suresh Ferdian.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.