Dilarang Berjualan di Lahan Parkir, Puluhan Pedagang Pasar Palimo Palembang Ngeluh

Kondisi Pasar Palimo, Sabtu (11/7/2020)

Laporan Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Aksi penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terhadap lahan parkir di Pasar Palimo atau Km 5 di Kecamatan Kemuning, dalam tiga hari terakhir berjalan tertib.

Bacaan Lainnya

Namun di balik aksi penertiban tersebut, ternyata berbuah protes keras dan keluhan puluhan pedagang yang biasa berjualan di lahan parkir tersebut. Puluhan pedagang pasar tradisonal itu mengaku sudah tiga hari tidak bisa berjualan.

Nurbaya (45), seorang pedagang bumbu kepada Sumselupdate.com, Sabtu (11/7/2020), mengeluhkan atas penertiban pedagang yang berjualan di areal parkir karena dampaknya ia tak bisa berjualan lagi.

“Untuk ditertibkan seperti ini kami tiak mempermasalahkannya, tapi jangan Seperti in tidak boleh sama sekali berjualan di sini, sama saja membunuh kami,” cetusnya.

Ia menambahkan dengan adanya aksi penertiban itu, sudah tiga hari tidak berjualan bumbu-bumbu basah dan kering akibat penertiban ini.

Menurut dia, Pemkot Palembang tak memberikan solusi tempat mereka berjualan.

“Pemerintah tidak menyediakan lahan baru sebagai pengganti tempat berjualan. Mereka (petugas –red) menyuruh berjualan di depan toko yang sudah ada pemiliknya. Kami juga disuruh berjualan di dalam. Tapi lihat saja pedagang yang di dalam mereka juga mengeluh karena sepi pembeli. Kalau seperti ini kami tak bisa lagi mencari duit untuk membiayai anak kami sekolah. Belum lagi modal yang kami keluarkan untuk berdagang cukup besar,” gerutunya.

Pedagang di Pasar Palimo Palembang.

 

Senada dikatakan Mariati (35) pedagang lainya. Dia mengaku, sejak pukul 03.00 subuh tidak ada satu pun pembeli yang menghampiri dagangannya.

“Liat nah belum laku, masih banyak ikan yang modal kukeluarkan tiga juta, seribu perak pun belum masuk. Bisa busuk ikan saya,” ujarnya

Perempuan yang pulang ke Tanjung Api-api ini berharap Pemkot Palembang dapat memberikan solusi bagi mereka agar tetap bisa berjualan.

Sementara itu, Kabid Operasional Sat Pol PP Palembang, Hendra mengatakan, jalannya penertiban lahan parkir Pasar Palimo berlangsung dengan lancar tanpa ada kericuhan.

“Alhamduliah penertiban hari ketiga di Pasar Palimo berjalan dengan lancar dan kondusif. Kita mengembalikan fungsinya lahan parkir ini, untuk kebaikan kita bersama. Kami menjalankan penertiban sesuai Perda,” katanya.

Pantauan Sumselupdate.com, pagi ini, suasana bersih, rapi dan tertata terlihat di Pasar Palimo. Di mana areal parkir yang biasa dipenuhi pedagang, sudah tak tampak lagi. Kendaraan pun dapat tersusun di lahan parkir dengan benar. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.