Di Lahat, Sehari Cetak 150 KTP dan Bisa Diambil 5 Menit

Warga Lahat sedang membuat KTP.

Laporan : A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Pembuatan KTP di Kabupaten Lahat sudah bisa ditunggu, percepatan itu merupakan terobosan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lahat.

Read More

Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Lahat Iskandar Supratman, melalui Kabid Dapduk Nangkada mengatakan, pihaknya dapat mengeluarkan rata rata 125 hingga 150 KTP perhari.

“Saat ini, buat KTP bisa ditunggu, ekstra cepat, cukup 5 hingga 30 menit saja, KTP sudah jadi. Warga bisa urus sendiri dokumen kependudukan di Disdukcapil Lahat,” kata dia, Jumat (04/02/2022).

Lanjut Nangkada, pihaknya memberikan pelayanan yang maksimal untuk segera melakukan pencetakan dokumen, mulai KTP, KK dan dokumen lainnya.

“Kalau untuk pelayanan KK, kita sudah pakai barcode, dan di print menggunakan kertas A4, bukan kertas khusus lagi, jadi warga bisa print sendiri KK dimanapun berada, kita juga akan print KK di kantor Disdukcapil, untuk memudahkan pelayanan,” tuturnya.

Nangkada menambahkan, semua pelayanan di Disdukcapil Lahat tidak dipungut biaya apapun, alias gratis.

“Jadi kita sudah pasang nomor telepon pengaduan, kalau ada oknum pegawai kkta yang nakal, atau meminta imbalan untuk pengurusan dokumen kependudukan, karena semuanya ini gratis, tanpa dipungut biaya sepeserpun,” ungkapnya.

Sementara itu, Hengki Januardo warga Desa Pulau Panggung Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat menuturkan, pengurusan cepat itu sangat dibutuhkan, karena jangkauan di Kabupaten Lahat itu sangat luas.

“Iya betul, untuk datang ke kantor Disdukcapil Lahat, dari Kecamatan Pajar Bulan, cukup jauh, bisa ditempuh dengan waktu 2 jam, kalau pelayanan lama, bisa merugikan masyarakat, namun ini bisa cepat, kita tunggu hati itu juga, bisa selesai, ini sangat membantu kami masyarakat untuk melengkapi atau mengurus dokumen kependudukan sendiri,” terangnya. (**).

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.